AKAD KAFALAH PADA PENERBITAN BANK GARANSI DI BANK SYARIAH (STUDI PERBANDINGAN PENERBITAN BANK GARANSI DI BANK KONVENSIONAL)

DYAH BEKTI RACHMADINI, S.H., 031414253031 (2016) AKAD KAFALAH PADA PENERBITAN BANK GARANSI DI BANK SYARIAH (STUDI PERBANDINGAN PENERBITAN BANK GARANSI DI BANK KONVENSIONAL). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS DYAH BEKTI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penerbitan bank garansi baik bank konvensional maupun bank syariah memiliki prosedur yang harus dipatuhi guna mengantisipasi adanya wanprestasi (cacat prosedur) yang dapat dilakukan pihak terjamin (nasabah). Dengan demikian, dapat ditarik 2 (dua) pokok permasalahan yaitu: (1) perbandingan penerbitan bank garansi di bank syariah dengan bank konvensional serta akibat hukum yang timbul atas pencairan bank garansi. (2) penyelesaian sengketa yang timbul atas pencairan bank garansi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa penerbitan bank garansi pada bank konvensional dengan penerbitan bank garansi pada bank syariah secara keseluruhan tidak ada perbedaan. Akibat dari pengajuan klaim pada bank konvensional berubah menjadi fasilitas kredit, sedangkan pada bank syariah berubah menjadi fasilitas pembiayaan. Sedangkan penyelesaian sengketa dalam bank konvensional dapat diselesaikan melalui jalur litigasi (Pengadilan Negeri) maupun non-litigasi (diluar pengadilan) dan penyelesaian sengketa di bank syariah dapat diselesaikan melalui jalur litigasi (Pengadilan Agama), mediasi maupun Badan Arbitrase Syariah Nasional (BASYARNAS).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 87/16 Rac a
Uncontrolled Keywords: Akad Kafalah, Bank Garansi, Bank Konvensional, Bank Syariah
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
DYAH BEKTI RACHMADINI, S.H., 031414253031UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr., S.H., MH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2016 00:22
Last Modified: 19 Dec 2016 00:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49496
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item