Tri Dewi Sulistyorini, 079911033 T
(2002)
MOTIVASI DAN MINAT PILIHAN BACAAN PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI PERKOTAAN KHUSUSNYA SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Minal haca mahasiswa perguruan tinggi negeri masih rendah hila dibandingkan dengan mahasiswa perguruan tinggi swasta, hal tersebut dapat ,dilihat pada temuan data dibawah ini.
1. Frekuensi membaca bacaan akdemis mahasiswa UNAIR dalam tiga bulan terakhir masih dirasa kurang karena rata -rata mereka membaca dua kali dalam tiga bulan sedangkan frekuensi membaca mahasiswa UBAYA dalamm tiga bulan terakhir sudah tinggi karena rata -rata mereka membaca lebih dari limn kali dalam tiga bulan.
2. Pada saat senggang (tidak ada tugas kuliah), hari hbur atau liburan semester, kegiatan yang lebih sering dilakukan oleh mahasiswa USAYA adalah membaca bukulliterature sedangkan mahasiswa UNAIR kegiatan yang lebih sering dilakukan adalah nonton tv.
Pilihan bacaan mahasiswa perguruan tinggi negen dan mahasiswa perguruan tinggi swasta diketemukan data bahwa.
1. Minat pilihan bacaan mahasiswa UNAlR paling tinggi pada bacaan rekreatif dan hal tersebut mempengaruhi rendahnya minat pilihan bacaan akademis selain itu secara langsung juga akan mempengaruhi daya nalar berpilcir mereka, sebaliknya dengan mabasiswa UBAYA
rendahnya minat pilihan rekreatif akan mempengaruhi tingginya
rninat pilihan bacaan akdemis juga tingginya daya nalar mereka.
2. Dengan rendahnya daya nalarberpilOr mahasiswa UNAIR daya nalar berpikir mahasiswa UNAIR karena tingginya minat pilihan bacaan rekreatif sehingga motivasi membaca bacaan akademis cenderung pada untuk memenubi tugas akademis berbeda dengan mahasiswa UBAY A, motivasi membaca bacaan akademis karena untuk menambah pengetahuan dan belajar dengan kala lain minat membaca bacaan akademis justru akan memotivasi keinginan untuk meningkatkan daya nalar berpikir.
Faktor -faktor yang mendorong mahaslswa perguruan tinggi negeri dan mahasiswa perguruan tinggi swasta dalam membaca, dapat dilihat pada data yang diketemukan bawah ini
1. Sistem pengajaran yang diterapkan oleh USAYA dapat memotivasi mahasiswanya untuk membaca sedangkan sistem pengajaran UNAIR justru kebalikannya hal tersebut dapat dilihat pada data dibawah mi,
Minat pilihan bacaan mahasiswa UBAYA terhadap buku diktat karena faktor hal -hal yang menarik dari buku diktat yaitu isi buku dengan kata lain isi buku diktat tersebut sesuai dengan kebutuhan program studinya, sedan~ untuk mahasiswa UNAIR memilih mcmbaca buku diktat karena factor hal -hal yang menarik dari buku diktat yaitu judul buku sebab terpaku
sistem pengajaran UNAlR yang menentukan judul buku diktat
apa yang harus dIbaca
Cara mengajar dosen UNAIR yang berorientasi pada catatan
catatan tanpa menuntut mahasiswa Wltuk membaca sendiri
bahan bacaan sedangkan cara mengajar dosen UBAYA tidak
monoton mencatat selalu bervariasi dengan kata .lain dosen
dalam mengajarnya memotivasi mahasiswanya untuk membaca.
2. Koleksi perpustakaan UNAIR yang kurang memadai dengan kebutuhan mahasiswanya mempengarubi rendahnya minat baca mahasiswa UNAIR begitu juga sebaliknya dengan koleksi perpustakaan UBAYA yang . memadai dengan kebutuhan mahasiswanya berakibat tingginya minat baca mahasiswa UBAYA
Actions (login required)
|
View Item |