PRODUK KLIPING ELEKTRONIK DENGAN TEMA "PEMILU CAPRES -CAWAPRES INDONESIA 2004" Di Harlan Jawa Pos & Kompas (Bulan Juli sampai September 2004)

VIKCINIA ATIKA (2005) PRODUK KLIPING ELEKTRONIK DENGAN TEMA "PEMILU CAPRES -CAWAPRES INDONESIA 2004" Di Harlan Jawa Pos & Kompas (Bulan Juli sampai September 2004). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TP 09-05 Ati p.pdf

Download (593kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada abad -21 perpustakaan cenderung mengalami perubahan, yang dahulunya perpustakaan sebagai tempat penyimpanan koleksi / infonnasi sekarang mengarah pada penyedia infonnasi begitu juga media yang digunakan, dahulu hanya menggunakan media yang terbatas (seperti koleksi tercetak). Saat ini cenderung terdiri dari berbagai media (multi media). Demikian juga pustakawan dimasa lalu hanya menunggu sampai pengguna datang untuk bertanya, tetapi saat ini pustakawan diharapkan bersikap proaktifagar memuaskan pengguna. Untuk mengatasi hal tersebut diatas, maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai kemampuan profesional, tidak pasif melainkan aktif dan dinamis dalam kegiatan pengelolaan perpustakaan untuk melayani kebutuhan para pengguna. Perpustakaan harus berorientasi kepada kebutuhan pengguna untuk: memuaskan pengguna. Pustakawan diharapkan dapat mengkemas dan menyajikan produk informasi yang mempunyai nilai tambah, karena kebutuhan dan keinginan pasar (pengguna) akan informasi semakin meningkat. Salah satunya perpustakaan dapat membuat kliping. Saat ini, kliping sangat dibutuhkan oleh masyarakat, apalagi bila masyarakat tersebut menemukan kesulitan dalam mencari kumpulan informasi dengan subyek yang sarna, tetapi berbeda sumber informasinya. Maka k]iping elektronik dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Namun, perpustakaan yang menyediakan layanan kliping elektronik jumlahnya masing terbatas. Karena selama ini koran-koran yang ada diperpustakaan, dibiarkan menumpuk begitu saja tanpa diol~ padabal kliping elektronik dapat disediakan sebagai sumber informasi yang menarik, bagi pengguna. Apalagi bagi perpustakaan perguruan tinggi kliping dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk mencapai tujuan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Melalui kliping ini, informasi dari berbagai sumber informasi dapat disajikan secara ringkas dan tersusun dengan sistematik, sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan-pengguna dalam menelusur informasi dengan demikian pengguna tidak membuang-buang waktu yang banyak untuk menelusur informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CLIPPINGS (BOOKS, NEWSPAPERS), LIBRARIES
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM
VIKCINIA ATIKANIM070211173-T
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKoko Srimulyo, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Dec 2016 17:36
Last Modified: 05 Jun 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item