SRI AYU CIPTA NING TYAS, 040013374 (2007) PENGARUH KOMUNIKASI ATASAN YANG EFEKTIF TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. FIERA WISATA NUSANTARA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2007-tyassriayu-4239-b32_07-k.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-grey-2007-tyassriayu-4239-.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi merupakan proses yang sangat penting dalam organisasi, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh organisasi untuk menjamin kepuasan kerja anggotanya adalah dengan menciptakan komunikasi yang efektif antara atasan dengan bawahannya. Komunikasi yang efektif adalah sejauh mana penerima dapat memahami pesan yang disampaikan oleh pengirim. Komunikasi dalam menciptakan kepuasan kerja yang tinggi dapat mempengaruhi kondisi yaitu hubungan yang harmonis antara pemimpin dan bawahan yang ditunjang adanya suasana dan iklim pekerjaan yang bersahabat dengan anggota lain organisasi sehari-hari yang banyak berhubungan dengan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, baik secara simultan maupun secara parsial, komunikasi yang efektif yang terdiri dari kredibilitas atasan (XI), isi pesan (X2), kontek (X3), kontinyuitas penyampaian pesan (X4) dan konsistensi makna pesan (X5) terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Model regresi yang digunakan adalah Y = bo + bt Xi + b2 X2 + b3 X3 + b4 X4 + b5 X5. Penelitian dilakukan pada 60 responden PT. Fiera Wisata Nusantara Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan pengujian F untuk uji pengaruh secara simultan dan pengujian t, untuk uji pengaruh secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa komunikasi yang efektif yang terdiri dari kredibilitas atasan, isi pesan, konteks, kontinyuitas penyampaian pesan dan konsistensi makna pesan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, terbukti kebenarannya, karena nilai Fhitung sebesar 31,539 yang lebih besar Bari nilai Ftabel sebesar 2,45, dan hipotesis kedua yang menyatakan bahwa kredibilitas atasan mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja karyawan, juga terbukti kebenarannya, karena memiliki nilai beta tertinggi, yaitu sebesar 0,322.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 32/07 Tya p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | LEADERSHIP; JOB SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Jun 2017 21:59 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4957 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |