PERBEDAAN KINERJA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING LlNI PERTAMA WANITA DITINJAU DARI TINGKAT STRES DAN KEPERCAYAAN DIRI INDIVIDU

STEPHANIE YUANITA INDRASARI, 119510051 (2000) PERBEDAAN KINERJA DISTRIBUTOR MULTI LEVEL MARKETING LlNI PERTAMA WANITA DITINJAU DARI TINGKAT STRES DAN KEPERCAYAAN DIRI INDIVIDU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Psi 21-00.Ind p.pdf

Download (348kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja distributor MLM lini pertama wanita ditinjau dari tingkat stres keIja dan kepercayaan diri individu. Populasi pcnelitian im adalah distributor DXN wanita. Adapun karakteristik sampeluya adalah wanita yang mcnjadi distributor DXN Indonesia, berpangkat lim pertama, melakukan penjualan produk dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, melakukan tutup poin setiap I bulan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir, dan belum mernperoleh bonus tambahan diluar rabat pcnjualan produk. Pengambilan data dilakukan di DXN Indonesia cabang Jakarta. Jumlah respondcn yang diperoleh adalah 118 subjck. Dari 118 subjek yang layak dianalisis tersebut. terdapat 9 subjek berusia 17-25 tahun, 9 subjck berusia 26-35 tahun, 9 subjek berusia 36-45 tahan, 45 subjek berusia 46-55 tahun ,dan 46 subjek berusia diatas 55 tahun. Ditinjau dari tingkat pcndidikan, 73 subjek lulus pendidikan SMA, 9 subjek lulus pendidikan D-2, 27 subjek lulus pendidikan D-3 (Akademi), dan 9 subjek lulus pendidikan S-1. Bila dilihat dari lamanya bergabung dengan DXN, 82 subjek telah bergabung sejak tahun 1998 dan 36 subjek telah bergabung sejak tahun 1999. Pcngukuran terhadap variabel tingkat stres ketja dan kepercayaan diri individu menggunakan kuesioner yang masing-masing terdiri dari 40 aitern dan 50 aitern. Sedangkan data kineIja diperoleh dari laporan bulanan distributor yang diambil langsung melalni upline (distributor yang menjadi "atasan" indhidu tersebut). Pengujian validitas dilakukan dengan korelasi product moment Pearson. Pada uji validitas dcngan taraf sigmfikansi 0,05 diperoleb 10 aitern gugur dan 30 aitern lainnya sahih pada kuesioner tingkat stres kerja sedangkan pada kuesioner kepercayaan diri individu terdapat J4 aitern gugur dan 36 aitern lainnya sahih. Dengan mcnggunakan teknik analisis Alpha Cronbach, kuesioner tingkat stres kerja memiliki r. sebesar 0,6937 dan kuesioner kepercayaan diri individu merniliki rtt sebesar 0,6347. Penghitungan validitas dan reliabilitas alat ukur menggunakan program SPSS for Windows Release 9.0. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 0,05 menggunakan two-way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan kineIja distributor MLM lim pertama wanita ditinjau dari kepercayaan diri (F = 4,196 dan P = 0,043), Hal ini berarti distributor yang memiliki kepercayaan diri tinggi mernpanyai rata-rata kineIja yang lebm baik dibandingkan dengan mereka yang kepercay'dUIl diriuya rendah. Ditinjau dari tingkat stres kerja, analisis data mcnur\iukkan tidak ada pcrbedaan kineIja distributor MBA lini pertama wanita (F = 1,446 dan p =0,232), naman distributor yang memiliki tingkat stres keIja tinggi merniliki rata-rata kineIja lebih tinggi dibandiugkan dengan yang stres keIjanya rendah. Analisis data berikutuya mcnunjukkan adanya interaksi antara tingkat stres kerja dan kepercayaan diri individu dengan kiuetja distributor MLM lini pertama wanita (F = 5,610 dan P = 0,020). Rata-rata kineIja tertinggi terdapat pada distributor yang merniliki stres ketja rcndah dan kepercayaan diri tinggi sedangkan rata-rata kineIja tercndah terdapat pada distributor yang memiliki stres kerja dan kepercayaan diri rendab. Adapun sumbangan efektif dari vanabel penelitian ditunjukkan dengan koefisicn determinasi R2 (R squared) sebesar 0,099. Hal ini berarti hanya 9,9% variansi dari variabel kinerja dapa! dijelaskan oleh variabel stres keIja dan kepercayaan diri individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 21/00 Ind p
Uncontrolled Keywords: MULTILEVEL MARKETING, WOMEN, PERFORMANCE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
STEPHANIE YUANITA INDRASARI, 119510051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSEGER HANDOYO, Drs. . M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Dec 2016 20:08
Last Modified: 06 Jun 2017 22:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item