PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA MAHASISWA YANG MEMILIKI TINGKAT KECEMASAN TINGGI, SEDANG, DAN RENDAH PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNAIR SURABAYA

HARIYANTO, 119510057 (2000) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA MAHASISWA YANG MEMILIKI TINGKAT KECEMASAN TINGGI, SEDANG, DAN RENDAH PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNAIR SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Psi 23-00.har p.pdf

Download (383kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penernuan baik secara klinis, lapangan dan laboratorium telah menunjukkan bahwa motivasi untuk bertahan (defensive motivation) seperti rasa takut dan cemas sepertinya mengarahkan pada perilaku-perilaku yang mempengaruhi kinerja tugas yang efektif dan pemecahan rnasalah yang kreatif. Rasa cernas tersebut memiliki derajat-derajatltingkat-tingkat tertentu yang bagi orang-orang normal rasa cernas ini dapat memotivasi dirinya untuk memberikan kineIja terbaiknya. Oleh karena itu penelitian ini hendak mengungkapkan bagaimana tingkat kecernasan rnernpengaruhi motivasi berprestasi. Penelitian ini berusaha melihat perbedaan antar variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis alternatif yang telah dirumuskan sebelumnya, sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian 1m termasuk dalarn tipe penelitian komparatif. Penelitian dilakukan di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, jalan Airlangga no. 4-6 Surabaya. Populasi penelitian sebanyak 267 mahasiswa dari angkatan 1995 sampai dengan 1999, dan sampel penelitian sebanyak 66 orang dengan karakteristik terdaftar sebagai rnahasiswa psikologi tahun ajaran 1999/2000, berusia antara 18-26 tahun, dan diasumsikan dalam tahap perkembangan intelektual dan emosi yang sama. Sampel diperoleh dengan teknik stratified proportional random sampJ ing. Pengurnpulan data dilakukan dengan menggunakan dua buah alat bantu, yaitu pertarna tes TMAS yang sudah diadaptasi ke bahasa Indonesia untuk mendapat skor kecemasan. Tes TMAS terdiri dari 50 aitem. Dan kedua berupa kuesioner yang rnengukur rnotivasi berprestasi, yang terdiri dari 50 aitern. Setelah dilakukan uji validitas temyata terdapat 12 aitem yang gugur, dari 38 aitern yang valid diperoleh indeks reliabilitas sebesar 0,895 dengan p=0,000 sehingga kuesioner ini dikatakan handal dalarn mengukur motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis varian satu jaluL Hasilnya didapatkan nilai F sebesar 13,072 dengan peluang ralat p=0,000, dengan dernikian penelitian ini rnenerirna Ha yang berbunyi " Ada perbedaan motivasi berprestasi yang sangat signifikan antara rnahasiswa yang memiliki tingkat kecernasan tinggi, sedang dan rendah" , dan rnenolak Ho yang berbunyi " Tidak ada perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara mahasiswa yang merniliki tingkat kecemasan tinggi, sedang dan rendah."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 23/00 Har p
Uncontrolled Keywords: ACHIEVEMENT MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HARIYANTO, 119510057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMartina S. Mahajudin, dr . DSJUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Dec 2016 22:10
Last Modified: 07 Jun 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49601
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item