PENERAPAN PROFIT-LINKED PRODUCTVlTY UNTUK MENGUKUR DAMPAK PERUBAHAN PRODUKTIVITAS TERHADAP LABA PADA PT. ALAM lNDOMEGAH PASURUAN

NUR KAMALINA SETYOWATI (2004) PENERAPAN PROFIT-LINKED PRODUCTVlTY UNTUK MENGUKUR DAMPAK PERUBAHAN PRODUKTIVITAS TERHADAP LABA PADA PT. ALAM lNDOMEGAH PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 309.04 Set p-EDT.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan suatu pcrusahaan dalam mengeiola keuangannya dapat diukur dan tingkat produktivitasnya. Evaluasi terhadap hasil pengukuran produktivitas harus dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang rnengakibatkan penurunan produktivitas sehingga dapat diambil tindakan yang tepat dan faktor yang dapat meningkatkan produktivitas dipcrtahankan. Dengan demikian dibutuhkan suatu pengukuran produktivitas (productivity measurement) yang efektif. Pengukuran produktivitas yang selama inl dikenal adalah rasIO antara output yang dihasilkan dengan input yang digunakan untuk memproduksi output tersebut. Dua pendekatan yang digunakan dalam pengukuruan produktivitas yaitu Partial productiviry measurement (pengukuran produktivitas partial) dan Total productivity measurement (pengukuran produktlvitas total) dan Pengukuran Produktivaas Total memiliki dua pendekatan dalam perwnusannya yaitu profile productivity measurement dan profit linked productlVity measurement. Dan kedua pendekatan ini, Profit-linked productIVIty measurement mencoba memperbaiki pendekatan-pendekatan yang lain dan dianggap sebagai ukuran yang lebih efektif. Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah yaitu: <'<'Bagaimanakah penerapan Profit-Linked Productivity dalam mengukur dampak perubahan produktivitas terhadap laba perusahaan 1" sedangkan tU] uan dan penelitian im adalah untuk mengetahui seberapa besar penerapan Profit-Linked Productivlly dapat membenkan infonnasi di dalam pengambilan keputusan serta mcmbantu perusahaan dalam memahami pentingnya perubahan produktivitas terhadap laba, sehingga kenaikan atau penurunan produktivitas yang terjadi dalam jangka waktu tertentu dapat diukur dan dilakukan penilalan terhadap usahanya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dati pihak manajemenlkaryawan PT. Alam Indomcgah Pasuruan. Data-data yang sudah dipcrolch kcmudian dianalisa dengan cam: Perhitungan Profile Productlviiy Measurement dan Perhitungan Profit-Linked ProductiVity Measurement. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa: Profit linked productivity measurement dapat digunakan oleh pihak manajernen untuk mengetahui perubahan produktivitas baik secara total maupun kontribusi dari masmg-masmg input sehingga rnanajer dapat mengambil tindakan yang tepat terhadap mput dinilai ncgatif, informasi yang dihasilkan dari profit linked productlvIIy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 309/04 Set p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NUR KAMALINA SETYOWATINIM040123978-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantHARIATI GAFFAR, Dra. Ec. Hj., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:39
Last Modified: 07 Jun 2017 21:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49644
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item