PENENTUAN HARGA POKOK KAMAR YANG AKURAT DENGAN MEMBANDINGKAN ANTARA SISTEM TRADISIONAL DAN ABC PADA UNIT RAWAT INAP DI RSIA "ACHMAD DAHLAN" MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI

ASTRID TITISARI, 040123980 E (2004) PENENTUAN HARGA POKOK KAMAR YANG AKURAT DENGAN MEMBANDINGKAN ANTARA SISTEM TRADISIONAL DAN ABC PADA UNIT RAWAT INAP DI RSIA "ACHMAD DAHLAN" MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 322-04 TIT P-EDT.pdf

Download (300kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya masalah yang dihadapi oleh perusahaan membuat perusahaan gagal dalam mencapai sasaran tingkat pengembalian atau !aba. Salah satu masalah tersebut berasal dari cara pembebanan biaya pada produk seperti penggunaan sistem biaya tradisional yang menyebabkan distorsi pada biaya produk karena produk tersebut mengkonsumsi sebagian besar sumber daya pendukung dalam proporsi yang tidak sesuai dengan produk perusahaan. Sistem ABC merupakan salah satu altematif yang dapat digunakan unluk menghitung biaya produk. Pengalokasian biaya overhead untuk menghitung biaya produk: didasarkan pada aktivitas yang tetjadi dalam tiap tahapan sehingga sesuai dengan yang diterima oleh konsumen. Penelitian ini menentukan harga pokok standar kamar rawat inap yang akurat dengan memhandingkan antara sistem tradisional dcngan sistem ABC padu perusahaan jasa, yailu rumah saki!. Penelilian ini menggunakan pendekatan deskripli f komperatif dimana jenis metodenya adalah studi kasus. Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang telah terkumpul, penulis menganalisis data tersebut dengan menggunakan tahapan-tahapan ABC. Kemudian hasil perhitungan sistem ABC dibandingkan dengan sistem tradisional dan perhitungan yang dilakukan oleh rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 322/04 Tit p
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ASTRID TITISARI, 040123980 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSRI ISWATI, Dr. Hj, SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Dec 2016 23:13
Last Modified: 11 Jun 2017 16:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item