CHRISTIAN SANJAYA, 049514919
(2002)
PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI PADA PRODUK
TELEPON GENGGAM MEREK NOKIA DI SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh Citra merek terhadap niat membeli kembali produk telepon genggam merek Nokia Di Surabaya. menurut Kartajaya (2001), secara sederhana bisa dikatakan citra merek adalah sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk pada benak knsumen. Sedangkan asosiasi merek adalah segala hal yang "berkaitan" dengan ingatan mengenai sebuah merek (Aaket, 1997:160). Menurut Kartajaya (2001), brand association sangat penting bagi non-user, karena hal itu bisa menentukan keberhasilan penjualan kepada mereka . Untuk mnendapatkan pelanggan baru asosiasi yang dimaksud harus terbentuk secara benar. Karena itu salah satu tugas komunikasi pemasaran adalah melakukanpembentukan asosiasi merek sehingga terbentuk citra merek yang diharapkan. Tapi bagi user, asosiasi merek tersebut bisa bertambah kuat atau lemah karena pengalaman diri sendiri. Varibel citra merek yang dipakai adalah favorability, of brand association, strength of brand association dan uniqueness of brand association (keller, 1993). Favourability of brand association mengukur tingkat kepercayaan konsumen bahwa telepon genggam merek Nokia memiliki atribut dan manfaat yang sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Strength of brand association mengukur kekuatan asosiasi merek Nokia yang ada dalam ingatan konsumen. Uniqueness of brand association mengukur kekhususan asosiasi merek Nokia. semakin favourite, semakin kuat dalam ingatan konsumen dan semakin khusus asosiasi merek Nokia, artinya citra merek Nokia semakin bagus.
Actions (login required)
|
View Item |