RETNO YUSIANA
(2004)
PENERAPAN CUSTOAIER PROFITABILITY ANALYSIS SEBAGAI ALAT UNTUK PENGENDALIAN BIAYA PELANGGAN PADA PT. "X" DI.SURABAVA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dalam era perdagangan bebas yang semakin kompetitif, PT 'X' sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai macam produk pipa, perIu mengarahkan orientasi dan aktivitas mereka pada pelanggan dengan memberikan pelayanan yang memuaskan. Perbedaan aktivitas pelayanan bagi masing-masing pelanggan akan menimbulkan biaya yang berbeda pula. Customer profitability analysis ini berusaha mengidentifikasi berapa jumlah penjualan tiap pelanggan serta berapa jumlah biaya yang ditimbulkan dari aktivitas-aktivitas pelayanan ke pelanggan kemudian menentukan besarnya profitabilitas tiap pelanggan. Untuk dapat membebankan biayabiaya ke pelanggan dengan akurat maka digunakan suatu metode yaitu metode activity based costing, sehingga dapat ditentukan grade para pelanggan dan pengendalian biaya pada tiap pelanggan. Oleh karena itu PT 'X' periu melakukan penerapan customer profitability analysis sebagai alat untuk pengendalian biaya pelanggan.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data-data PT "X", yaitu Iaporan laba-rugi, data penjualan dan data-data biaya yang digunakan oleh penulis untuk melakukan analisis dalam pengambilan keputusan perusahaan.
Berdasarkan hasil analisis tersebut diketahui bahwa pelanggan menyebar pada empat kategori yang ada pada decision grid analysis. Kelompok winer dan potensial merupakan pelanggan yang menguntungkan dan harus dipertahankan. Kelompok ini memiliki persentase laba bersih di atas 13,13 %. Sedangkan pelanggan pada kelompok problem dan loser merupakan pelanggan yang merugikan dan perlu diperhatikan. Hal ini disebabkan karena pelanggan tersebut memberikan kontribusi laba bersih yang kecil daripada kelompok pelanggan lainnya, yaitu memiliki persentase laba bersih lebih kedl dari 13,13 %.
Dapat diambil kesimpulan bahwa customer profitability analysis ini dapat memberikan informasi mengenai pelanggan mana yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini memungkinkan bagi pihak manajemen PT 'X' untuk melakukan pengendalian biaya melalui pengendalian aktivitas dengan tetap berfokus pada pelanggan.
Actions (login required)
|
View Item |