PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATING

LAILA NOOR MAULIDIA, 040318298 (2007) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN LIMA VARIABEL MODERATING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulidiala-4905-a12907-t.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-maulidiala-4905-a12907.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah partisipasi pemakai berpengaruh terhadap kepuasan pemakai, dan apakah kompleksitas tugas, kompleksitas sistem, pengaruh pemakai, komunikasi pemakai pengembang dan dukungan manajemen puncak memoderasi hubungan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Masih banyak temuan penelitian yang kontradiksi, peneliti mencoba menguji ulang dengan melakukan pengujian pada lima faktor kontijensi, sebagaimana yang telah disebutkan. Pengujian hipotesis dilakukan pada 62 responden yang merupakan manajer dari 31 bank di Surabaya. Metode yang digunakan untuk menguji pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai adalah regresi linier (Linier Regression), sedangkan untuk menguji apakah lima faktor kontijensi memoderasi hubungan partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai digunakan metode MRA (Moderated Regression Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, partisipasi pemakai berpengaruh positf terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi. Kedua, variabel kompleksitas tugas dan kompleksitas sistem tidak memoderasi hubungan partisipasi pemakai dan kepuasan pemakai. Ketiga, variabel pengaruh pemakai dan dukungan manajemen puncak sebagai pure moderator. Keempat, variabel komuniksi pemakai-pengembang sebagai quasi moderator. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi baik bagi para praktisi dalam pengembangan sistem, maupun akademisi, untuk menjelaskan, bagaimana, kapan, dan dimana, partisipasi pemakai diperlukan, agar dapat meningkatkan kepuasan pemakai, dengan mengemukakan sifat hubungan yang dipengaruhi oleh kondisi-kondisi yang berbeda. Selanjutnya disarankan bagi peneliti mendatang untuk menelaah variabel lain yang mungkin berpengaruh pada kepuasan pemakai. Translation: The purpose of this study is to investigate the effect of participation to satisfaction of users, and whether task complexity, system complexity, user influence, user-developer communication, top management support become moderator variable in relationship between participation of user and satisfaction of user. Many result that contradiction, research try to recheck by investigating five contingency factors. Hypothesis investigation based on 62 respondent who are manger of 31 bank in Surabaya. Method used to investigate the impact of participation of user to satisfaction of user is linier regression, and to investigate if five contingency factors become moderator to relationship between participation of user and satisfaction of user used MRA (Moderated Regression Analysis) The result of the analysis indicated that first user participation has a positive impact to user satisfaction in development system. Second, task complexity variable and system complexity do not moderate relationship between user participation and user satisfaction. Third, user influence and top management support proved to be pure moderator. Fourth, user-developer communication was shown to be quasi moderator. Hope the results can give contribution to practice in system development and academicians seeking to explain how, when, where user participation is needed to improve user satisfaction by suggesting the nature of relationship under different sets of conditions. Next, suggested to researcher to investigate other variable that maybe impact user satisfaction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.129/07 Mau p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS; USER SATISFACTION
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
LAILA NOOR MAULIDIA, 040318298UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorISNALITA, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 18 Jun 2007 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item