PERENCANAAN LABA DAN PENENTUAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU COST·VOLUME·PROFIT ANALYSIS DAN CONTRIBUTION MARGIN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DI SURABAYA

HERYUDIAN PUTRl AYU, 049912706 E (2004) PERENCANAAN LABA DAN PENENTUAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU COST·VOLUME·PROFIT ANALYSIS DAN CONTRIBUTION MARGIN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 264-04 Ayu p.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semua aktivitas yang dilaksanakan oleh perusahaan bersifat profit oriented adalah memberikan arab untuk mengelola perusabaan dan menunjang perkembangan usahanya dalam berbagai situasi bisnis menuju tujuan utamanya, yaitu laha optimal. Berawal dari tujuan tersebut maka manajemen hams menyusun pereneanaan laha yang baik, dilakukan dengan mengumpulkan, mengidentifIkasi dan menganalisa berbagai informasi akuntansi keuangan maupun informasi manajemen DaIam rangka perencanaan laba, manajemen perlu menganalisis komponen-komponen dari perencanaan laba Komponen yang dimaksud mencakup unsur penjualan yang ditunjukkan dari jumlah volume yang terjual dan barga jual, unsur biaya, dan unsur laba. Peran perencanaan laba sangat penting karena menjadi penentu keberhasilan proses manajemen selanjutnya, maka dari faktor-fuktor yang mempengaruhi laha harus dianalisis dengan seksama agar menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kondisiperusahaan. Salah satu alat yang dapat menjelaskan hubungan antara fuktor-fuktor yang terkait dengan laha tersebut adalah cost-volume-profit analysis. Cost-Volume-Profit analysis diantaranya dapat digunakan untuk menentukan volume penjualan atau pendapatan penjualan yang diperlukan untuk mencapai beak-even point atau target laba tertentu. Perubahan biaya operasional, volume penjualan dan harga jual akan mempengaruhi perolehan laha perusahaan. Pada perusahaan yang menghasilkan multi product, komposisi penjualan mempunyai pengaruh terhadap kontribusi dari setiap segmen produk terhadap laba perusahaan secara keseluruhan. Maka dari itu hams dilakukan analisis untuk memastikan bahwa setiap jenis produk memberikan kontribusi laba yang optimal terhadap laha pemsabaan secara keseluruhan. Penggunaan Cost-Volume-Profit analysis menghasilkan informasi pengaruh perubahan komponen-komponen laha pada tingkat laha tertentu. Dalam pencapaian laha tabun 2002 sebesar 20% terdapat beberapa aternatif yang dapat dilaksanakan manajemen, yaitu penurunan biaya variabel 0,98 %, peningkatan volume penjualan yang semula 196.967 unit, serta peningkatan hargajual seluruh produk. Cost-VolumeProfit analysis akan membantu pihak manajemen dalam menganalisis komposisi penjualan melalui perhitungan Degree of Opera/ing Leverage, Margin of Safety, Contribution Margin, dan Product Margin. Dari analisis perubahan komposisi penjualan dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan volume penjualan menjadi 6.191.902 unit dan efIsiensi biaya variabel sebesar Rp 1.357.638.010. Pihak manajemen perlu memperhatikan alternatif-alternatif mana yang paling sesuai dengan kondisi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 264 / 04 Ayu p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN LABA DAN PENENTUAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU COST·VOLUME·PROFIT ANALYSIS DAN CONTRIBUTION MARGIN PADA PT COCA COLA AMATIL INDONESIA DI SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HERYUDIAN PUTRl AYU, 049912706 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMOH. NASIH, Drs. , MT., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Dec 2016 17:06
Last Modified: 27 Dec 2016 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item