PENILAIAN KINERJA PERVSAHAAN P.T. METRODATA ELECTRONICS,lbk DENGAN MENGGlJNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)

DILIA NOVIJ'A SARI (2003) PENILAIAN KINERJA PERVSAHAAN P.T. METRODATA ELECTRONICS,lbk DENGAN MENGGlJNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 265-03 Nov p.pdf

Download (528kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan mempunyai tujuan untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi ke~kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusabaan yang bennanfaat bagi sejumlah besar pemakainya (SAl<., 2002 : 4). Salah satu informasi yang didapat dari lapomn keuangan adalah informasi mengenai kinerja perusahaan. Infonnasi ini sangat diperlukan oleh pemakai laporan keuangan untuk menilai perubahan potensial somber daya ekonomi. Kinerja bagi suatu perusabaan tidak ubahnya prestasi kinerja yang diukur dengan tingkat profitabilitas. Informasi ini sangat diperlukan oleh pengguna laporan keuangan karena dapat dipakai untuk menilai perubaban sumber daya ekonomi yang dihasilkan dari kegiatan operasional perusahaan dalam satu periode akuntansi. Dalarn mengukur kinerja suatu perusabaan ada berbagai macam a1a:t ukur yang diper~misalnya'ROl (Return on Investment). ROE (Return on Equity),EPS (Earnings Per Share). dan yang paling banyak: dipergunakan oleh perusahaanperusahaan di Amerika Serikat dan Inggris yaitu EVA (Economic Value Added). Economic Value Added adalah salah satu alternatif alat ukur keuangan yang dapat digunakan untuk membantu menilai kinerja keuangan suatu perusabaan. EVA merupakan konsep pengukur kinerja yang dapat menciptakan nilai bagi pemilik perusahaan dengan cam mengurangkan biaya modal yang timbul atas Iaba bersih. Penelitian ini ~uanuntuk mengetahui penilaian kinerja suatu perusabaan dengan menggunakan EVA (Economic Value Added) sebagai alat ukurnya. Dalam hal ini perusabaan yang diteliti adalab perusabaan go public yaitu P.T. Metrodata EIectronics,Tbk yang bergerak dalarn bidang distribusi komputer khususnya PC (Personal Computer) serta bidang jasa warranty dan internet Penelitian ini mengglmakan metoda kualitatif deskriptif Penelitian ini menyimpulkan bahwa selama dua tabun yaitu 1996 dan 1998 perusabaan menunjukkan kinerja yang kurang baik. Pada tahun-tabun tersebut EVA mencapai nilai negatif sehingga mengurangi nilai bagi perusahaan. Akan tetapi selama tabun 1997. 1999, 2000 perusabaan mampu menciptakan EVA positif walaupun cenderung menurun. Hal ini berarti secam keseluruban kinerja perusabaan kurang baik walaupun masih bisa menciptakan nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 265 / 03 Nov p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENILAIAN KINERJA PERVSAHAAN P.T. METRODATA ELECTRONICS,lbk DENGAN MENGGlJNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DILIA NOVIJ'A SARINIM049121327-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Suyunus, MAFIS, Drs. , Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Dec 2016 17:27
Last Modified: 27 Dec 2016 17:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50090
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item