DINAMIKA HUBUNGAN HUKUM ADAT DAN SYARlAT ISLAM Studi Kasus Tentang Pro Kontra Penerapan Hukum Adat Same Di Pulau Sapeken Kabupaten Sumenep Jawa Timur

AGUS WAHYUDI, 079815755 (2002) DINAMIKA HUBUNGAN HUKUM ADAT DAN SYARlAT ISLAM Studi Kasus Tentang Pro Kontra Penerapan Hukum Adat Same Di Pulau Sapeken Kabupaten Sumenep Jawa Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
P 09-02 Kus p.pdf

Download (363kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan hukum adat same di pulau Sapeken merupakan fenomena yang unik untuk diteliti, karena pelaksanaannya terinspirasikan oleh syariat Islam. Dengan berpedoman prinsip kadanakanan, masyarakat Sapeken meyakini falsafah adat basand; syara', syara' basandi kitabullah (adat bersendikan syariat Islam, dan syariat Islam berdasarkan kitab AI Qur'an). Hukum adat same yang telah dibakukan menjadi hukum tertulis tersebut merupakan reaksi atas semakin tennarjinalkannya adat same oleh budaya dari luar Sapeken. Serta untuk memanfaatkan otonomi daerah yang memberikan porsi besar untuk berkembangnya budaya dan kekhasan lokal. Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga kelompok masyarakat dalam merespon pelaksanaan hukum adat Same. Kelompok pertama adalah ke1ompok yang setuju terhadap pelaksanaan hukum adat same, yakni kalangan Persis, yang memandang bahwa Islam merupakan agama yang integral. Islam merupakan ad dien wa daulah (Islam agama dan negara) sehingga tidak memisahkan antara keberadaan agama dan negara. Islam menentang sekularisasi yang mencerabut agama dari akar sistem kemasyarakatan dan kenegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK P 09/03 Wah d
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
AGUS WAHYUDI, 079815755UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantPRIYATMOKO, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:39
Last Modified: 12 Jun 2017 21:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50176
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item