M. Iqbal Eko Saryadi Haliq, 079715536
(2002)
ANALISIS KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK (Studi deskriptif tentang Kinerja PDAM Kabupaten Sikka).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
ABSTRAK
Sejak terjadinya resesi ekonomi pada awal tahun 1997 menyebabkan Pemerintah mengeluarkan Undang-ulldang tentang btonomi daerah dimana daerah diharapkan dapat membiayai dirinya sendiri. Salah satu cara yaitu dengan memanfaatkan BUMO menjadi produktif dan mampu memberikan keuntungan bagi Pemerintah daerah dalam bentuk Pendapatan AsH Oaerah. Meningkatnya pendapatan asli daerah sehingga bisa membiayai diri sendiri membuktikan bahwa daerah tersebut mampu otonom seperti yang diharapkan Pemerintah Pusat..
Salah satu BUMD yang pasti ada di seillruh Indonesia adalah POAM. Perllsahaan in adalah perusahaan yang menyediakan pelayanan air bersih bagi masyarakat. POAM selaku BUMD mempunyai dua misi yang pertama adalah misi pelayanan dan yang kedua adalah misi pencari keuntungan bagi daerah Selama ini POAM dianggap perusahaan daerah yang selalu mcrugi dan alasan klasik yang selalLl dikambinghitamkan adalah karena lebih mementingkan pelayanan daripada mencari keuntungan. Namun kenyataan yang terjadi' selama ini pelayanan PDAM selalu tidak dapat memuaskan pelanggan. Banyaknya keluhan dari masyarakat membuktikan PDAM belum mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Hal ters.ebut yang menyebabkan penilaian terhadap kinerja POAM oleh masyarakat dinilai rendah. Kenyataan tersebut juga terjadi pada PDAM Kabupaten Sikka. Dimana perusahaan ini tidak hanya tidak mampu memberikan pelayanan: ternyata juga PDAM Kabupaten Sikka selalu merugi hal itu yang menyebabkan POAM Kabupaten Sikka tidak dapat memberikan keuntungan bagi Pemerntah daerah. Oleh karena itu permasalahan yang menyangkut kinerja POAM'inenjadi topik yang menarik untuk dikaji melahii penelitian in. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian in adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara yang mendalam dan observasi disamping itu digunakannya data kuantatif yang kemudian ditafsirkan dalam bentuk kualitatif untuk menjelaskan fenomena.dan untuk mendapatkan informasi yang akurat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja POAM Kabupaten Sikka dari perspektif keuangan, pelanggall, pertumbuhan dan pembelajaran dan bisnis internal serta pemberdayaan pegawai menunjukkan indikasi yang masih rendah. Berdasarkan perhitungan dengan melihat tiga perspektif yaitu keuangan, pelanggan dan pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan klasifikasi cukup sehat namun nilai yang diperoleh tersebut sangat minim dalam penggolongan klasifikasi penihiian tersebut sehingga boleh dikatakan kinerja POAM masih kurang sehat ha! tersebut didukung oleh hasil penelitian dari dua perspektif yang lain yang menyatkan bahwa kinerja PDAM perlu ditingkatkan lagi. Rendahnya hasil penilaian tersebut tidak lepas dari faktorfaktor yang mempcngaruhi kinerja POAM yaitu kenaikan tarif yang sekarang belum dapat menutupi seluruh biaya yang dikeluarkan PDAM disamping itu pula rendahnya mutl! pengelolaan terhadap jaringan distribusi yang disebabkan tender proyek selama in dikerjakan oleh swasta sehingga hasil
yang didapat kurang memuaskan, namun imbasnya terhadap kinerja PDAM menjadi lebih buruk karena banyaknya pipa bocor.Kesemua alasan diatas yang merupakan penyebab lemahnya kinerja PDAM secara keseluruhan.
Actions (login required)
|
View Item |