PENYALURAN BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA (BLBI) SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN LIKUIDITAS PERBANKAN

DYAH INDRAWATI, 039514189 (1999) PENYALURAN BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA (BLBI) SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN LIKUIDITAS PERBANKAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PER 99-00 IND P.pdf

Download (382kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa hamplr semua bank-bank yang menertma bantuan llkuldltas berada dalam program penyehatan BPPN. Hal Itu dlsebabkan Bank Indonesia tldak lugas dan tegas dalam membatasl pembertan BLBI. Pada kenyataannya yang terjadl seakan-akan Bank Indonesia tidak dapat mencegah untuk tldak dapat memberikan BLBI setlap kali bank mengalaml kesulltan Iikuldltas. Disamping Itu pemberlan BLBI secara besar-besaran tanpa batasan dllakukan dengan tldak transparan karena lemahnya Independensi BI terhadap Intervensl plhak luar, termasuk pemerlntah, yang banyak memlnta fasilitas darl BI. Selama Inl sering pengaturan uang oleh BI tersendat aklbat campur tangan pemertntah. Sebenarnya perlu dlsadarl, penyedlaan Itkulditas olel1 BI kepada perbankan dalam fungsinya sebagai lender of the last resort bukan merupakan pinjaman kepada pemilik bank. Penyediaan Ilkuldltas Itu dlmaksudkan untuk kelancaran siklus IIkuldltas bank yang bersangkutan. Dengan kata lain, dlgunakan untuk kepentlngan menyeluruh bank yang bersangkutan, bukan untuk menyelamatkan pemlllk bank. Oleh karena Itu harus dapat dlbedakan dengan plnjaman yang dlberlkan suatu bank kepada nasabahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PER 99-00 IND P
Uncontrolled Keywords: BANK AND BANKING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1656 Bank reserves. Bank liquidity. Loan loss reserves
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
DYAH INDRAWATI, 039514189UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. Isnaeni, Dr., S.H., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 28 Dec 2016 22:10
Last Modified: 12 Jun 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item