EKO WAHYU SRININGSIH, 049912931 E (2008) ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM PERENCANAAN LABA DAN PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK PADA CV. PANCA JAYA DI BLORA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-sriningsih-5801-a26705-t.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-sriningsih-5801-.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berusaha untuk mengangkat penerapan analisis biaya volume laba untuk memperbaiki perencanaan laba yang selama ini dilakukan pihak manajemen CV. Panca Jaya, sehingga dengan analisis tersebut diharapkan dapat diketahui komposisi penjualan produk yang tepat agar dapat memberi kontribusi laba yang optimal. Dalam analisis terhadap produk yang beragam, setiap produk harus dikaji dan manajemen harus melakukan strategi penjualan dengan menentukan harga jual produk ( pricing product) yang tepat dan diterima semua pihak khususnya konsumen serta memastikan keuntungan yang diperoleh perusahaan dari basil produksi dan penjualannva sesuai dengan perencanaan laba yang telah dilakukan. Langkah awal yang dilakukan adalah melakukan survey pendahuluan untuk mencari dan merumuskan masalah, juga melakukan studi kepustakaan dalam mendapatkan pemecahannya. Selanjutnya melakukan pengumpulan data baik data kualitatif maupun kuantitatif CV. Panca Jaya melalui dokumentasi. Penerapan analisis biaya volume laba menghasilkan informasi pengaruh perubahan komponen-komponen laba pada tingkat laba tertentu. Dalam pencapaian target laba tahun 2004 sebesar 20% terdapat beberapa alternatif yang dapat dilaksanakan manajemen, yaitu peningkatan penjualan yang semula 440 unit menjadi 483 unit , penurunan biaya variabel sebesar 12,31%, penurunan biaya tetap sebesar 18,97%, serta peningkatan harga jual produk tipe J-10 dari Rp. 3.000.000,00 menjadi Rp. 3.296.161,89 per unit. Dari hasil analisis yang telah dilakukan terhadap CV. Panca Jaya dapat disimpulkan bahwa manajemen dapat menggunakan analisis biaya volume laba sebagai alat bantu dalam perencanaan dan penentuan harga jual produk. Penggunaan analisis biaya volume laba akan memberikan hasil yang lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan dalam hal perencanaan dan pengambilan keputusan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.267/05 Sri a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | BREAK � EVEN ANALYSIS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2005-2216 Income and expenditure. Budget |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 11 Jun 2017 18:55 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5032 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |