INTERFERENSI BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM RUBRIK PERSELINGKUHAN DI HARlAN JAWA POS ( Studi Analisis lsi Berita dalam Rubrik Perselingkuhan pada Halaman Metropolis Harian Jawa Pos Periode 1 Maret - 31 Mei 1997 )

ARDHI BESTARI KHUDORI, 079213612 (1997) INTERFERENSI BAHASA JAWA TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM RUBRIK PERSELINGKUHAN DI HARlAN JAWA POS ( Studi Analisis lsi Berita dalam Rubrik Perselingkuhan pada Halaman Metropolis Harian Jawa Pos Periode 1 Maret - 31 Mei 1997 ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 84-97 KHU I 079213612.pdf

Download (326kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pers hadir di tengah-tengah maeyarakat karena memang diperlukan oleh maeyarakat. Melalul pers. manuela lngln berkomunikasi dengan masyarakat lues. tidak hanya di aatu daerah keeil saja tetapi leb.1h dari 1tu aampal pada masyarakat dunla. Dalam mengkomunikaeikan lsl berltanya, banyak eara dilakukan oleh plhak redaktur. ada yang langsung menjamah mate1'1 tetapl ada pula yang berbunga-bunga, dengan menggunakan bahasa-bahaaa yang khas termasuk diantaranya memaeukkan uneur bahasa daerah (dalam hal ini bahasa Jawa) seperti masak, plak-plBk-plak-plek, . gebuk. ngantemi. Pencampurbauran atau interferensi bahasa Jawa terhadap bahasa Indonesia dalam pemberitaan harian Jawa Pos pada halaman Metropolis inilah yang menarik perhatian penulis. Penelitian ini bertipe deekriptii dengan teknlk analisis isl. Unit anallsis yang dlgunakan adalah unit sintaksie, yaitu kata dan frasa. Metode pengambilaneampel adalah eampling sistematie. Data d1kumpulkandengan melalui pencatatan berdasarkan kategorisasi dan unit analieis yang telah ditetapkan. Data tersebut .dldapatkan dari harian Jawa Pos dalam rubrik perselingkuhan pada halaman Metropolis perlode 1 Maret -31 Hei 1997. . Analisie data dilandasi oleh teori persaebagai media komunikasi maasa, berita. bahasa. konteks aoaial dan interierensi untuk meng1nterpretaaikan konteks sosial terjadinya interierensi. Berdasarkan temuan data dan ana11s1s diketahui bahwa interierenei kata bahaea Jawa terhadap kata bahasa Indonesia secara keseluruhan pada bulan Maret sebesar 0.10%, bulan April 0.22% dan bulan Mei O.28%.Sedangkan interierensi ·irasa bahasa Jawa terhadap kata bahasa . Indonesla secara keseluruhan pada bulan Maret sebesar 0,05%, bulan April 0,02% dan bulan Mei 0.13%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 84-97 Khu i (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: INTERFERENSI BAHASA JAWA; RUBRIK PERSELINGKUHAN
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARDHI BESTARI KHUDORI, 079213612UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSon Haji, Ir., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 20:27
Last Modified: 11 Jun 2017 20:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50468
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item