PROFIL PEMBACA MAJALAH BERBAHASA JAWA DI SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Profil Pambaca Majalah Jaya Baya di Wilayah Kotamadya Surabaya bardasarkan Karakteristik Demografis dan Psikografik)

RALAHALU IRENE, 079213457 (1997) PROFIL PEMBACA MAJALAH BERBAHASA JAWA DI SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Profil Pambaca Majalah Jaya Baya di Wilayah Kotamadya Surabaya bardasarkan Karakteristik Demografis dan Psikografik). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 83-97 IRE P 079213457.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ada anggapan bahwa vang mengenal bahaaa dan budava Jawa aeeara langaung t1nggallah golongan tua. vang jumlahnva semak1n lama aemak1n aed1k1t (Almanak Pers Daerah. 1993:54). Namun demlklan. eka1atenai majalah berbahaaa Jawa di Surabava. kota terbeaar kedua di Indonesia dengan tingkat komplekaitaa vang tinggi. dapat menjad1 kebanggaan masvarakat Jawa. Majalah Jaya Baya had1r di Surabaya dan tetap mempertahankan gava penyajian vang leb1h mengandalkan rubrik ngelmu tua atau kejawelIDva. Keberadaan majalah vang eangat tradis10nal in1 di tengah-tengah tingkat modernitaa kehidupan vang tinggi paetilah telah membentuk komun1tae masyarakat tertentu vang mempunyai minat cukup tinggi terhadap budava Jawa. Karena itulah. peneliti ingin mengetahui profil pembaea majalah Java Bava di Surabaya berdasarkan karakteristik demografis dan peikografik. Landaaan teori yang digunakan adalah komunikaai maaaa. majalah aebagai media komunikasi maasa, riset khalayak, perspektif kategori aosial. Populas! penelitian in! adalah pelanggan majalah Java Baya d! Surabava. yang melalui rumus Yamane menghaailkan 92 responden. Mengsunakan teknik pengambilan sampel seeara bertahap, yaitu teknik purposive. kemudian teknik aeak (random). Tipe penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data mengsunakan wawaneara dan kuesioner. dan diukur dengan skala Likert (skala sikap). Data yang diperoleh. dimaeukan dalam tabel dan dianalisis untuk menggambarkan profil. Hasilnya, tingkat modernitas kehidupan kota besar mempengaruhi kehidupan maayarakatnya, termaauk maavarakat pembaea majalah Jaya Baya. Menurut temuan data. maavarakat pelanggan vang membaca majalah Jaya Baya adalah berkarakteristik demografie sebaga1 berikut : kebanvakan dari soiongan lanjut usia. memiliki status sebagai orang tua dalam keluarga. kebanyakan beragama Islam. dengan tingkat pendidikan perguruan tlnggi/akademi, memiliki pekerjaan di luar rumah. sebagai pegawai swaata dan lainnva aabagai pegawa1 neger1 dan wiraawasta. Mereka mempunYai pendapatan antara Rp.300.001.--Rp.500.001.-dan ~ Rp.700.001.-Selain itu, gava hidup vang mereka mlliki kebanvakan pada aegmen ~Ilfilleds. dengan ciri-eiri : berpendidikan tinggi. berpusat pada keluarga. terbuka bagi pembaharuan, menghargai pendidikan dan peduli akan keaehatan. Karena kelompok masyarakat vang dituju adalah aeeara khusus bagi maavarakat berbudava Jawa, maka kajian tentang aktifitaa budaya Jawa pada reaponden juga diteliti. Yang pada akhirnya, kesimpUlan vang dapat diambil. bahwa kebudayaan Jawa tidak lagi menjadi eiri yang melekat aeoara khae pada kelompok ini karena mereka eelalu melakukan adaptaai dengan kemajuan di kehidupan sekitarnva.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 83-97 Ire p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PEMBACA; MAJALAH BERBAHASA JAWA; SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RALAHALU IRENE, 079213457UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Pudji Rahayu, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 20:32
Last Modified: 11 Jun 2017 20:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item