AIDA SYUKRlYAH, 070016176
(2003)
PENERIMAAN PEMIRSA TERHADAP IKLAN TELEVISI RECEPTION ANALYSIS PEMIRSA SURABAYA TERHADAP IKLAN DETERJEN SURF VERSI CIUM TANGAN DI MEDIA TELEVISI.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Iklan merupakan alat promosi yang paling banyllk digunakan oleh para produsen untuk memperkenalkan serta me~~rkan. produknya ke masyarakat. Seiring dengan banyak bermunculannya teleVlsl-televlSI swasta dl ~atr~ mllka kehadiran ildan televisi pun semllkin sering kita jumpai setJap ~nya. Dlantara iklan-ildan televisi yang ada, ildan Surf versi cium tangan menank untuk ditelttt. Karena iklan ini menyugubkan konsep yang sangat sederhana serta mengandung unsur pendidikan dalam tema ceritanya. Bukan hanya itu, iklan ini juga telah meraih berbagai macam penghargaan. Dalam penghargaan Citra Pariwara 2003, iklan Surfversi cium tangan berhasil mendapatkan empat penghargaan sekaligus.
Penelitian im menggunakan reception analysis. Yaitu mencoha untuk mengetahui bagaimana penerimaan pemirsa terhadap iklan Surf versi cium tangan di televisi. Pemirsa Surabaya dipilih karena kota Surabaya sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta tentunya menjadi sasaran potensial produk Surf. Selain itu, masyarakat Surabaya juga memiliki kemudahan dalam hal terpaan ildan karena hampir semua siaran stasiun televisi yang ada di Indonesia dapat diterima di seluruh wilayah Surabaya.
Tipe penelitian im adalah deskriptif yang berusaba untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang penepmaan pemirsa terhadap iidan Surf versi cium tangan di televisi. Untuk mengumpulkan data digunakan metode focus group discussion atau diskusi kelompok terarah dengan jumlah peserta 6 sampai 12 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi partisipan untuk mengikutifocus group discllssion adalah ibu-ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga dipilih karena target audience iklan Surfadalah para ibu-ibu rumah yang berada daIam strata ekonomi menengah ke bawah ataU daIam SES C, D, E.
Intrepetasi dilllkukan terhadap narasi kualitatif, yaitu data yang diperoleh
dari hasilfocus group discussion serta melalui wawancara langsung dengan salah
satu kreator iklan Surfversi cium tangan yang diproduksi oleh Advertising Agency
Lowe Limas & Partners. Proses penerimaan terhadap iklan ini dilihat dart
intrepetasi serta pemaknaan pernirsa terhadap iklan Surf versi cium tangan, yang
dibatasi oleh tiga code yang menurut Stefan Herrman adalah teks-teks yang ada di
media televisi, yaitu social code. technical code. dan representative code. Social
code meliputi pakaian, make-up, gerllkan tubuh dan bahasa dari tokoh, kode yang
menyampaikan kelas sosial individu, pekerjaan, pendidikan, gaya hidup, dll.
Technical code meliputi teknik pengambilan gambar dengan kamera,
pencabayatln, editing atau penggunaan efek suara dan musik dengan harapan
mampu mengarahkan harapan audience dan terutama menandai jenis program.
Sementara yang termasuk representative code adalah dialog dan narasi yang
menjelaskan dan mempertegas tampilan visual. Dalam proses penerimaan ini akan
diketahui apakah terjadi perbedaaan penerimaan antara pemirsa yang dipengaruhi
oleh latar belakang pendidikan mereka serta konstuksi sosial yang ada.
Actions (login required)
|
View Item |