HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN KEMAMPUAN SELF EFFICACY DALAM BIDANG AKADEMIK PADA SISWA KELAS 2 SMU

HESTY NOVIANA, 119810243 (2004) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN KEMAMPUAN SELF EFFICACY DALAM BIDANG AKADEMIK PADA SISWA KELAS 2 SMU. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
013 A.04 Nov h.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

KeberhasiJan siswa dalam bidang akademik seWu menjad tujuan utama proses belajar di sekolah. Agar dapat meningkatkan prestasi akademiknya, siswa memerlukan suatu cam yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. -Peningkatan hasil prestasi dalarn bidang akademik siswa dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan mengembangkan kemampuan self efficacy sehingga cara belajar siswa dapat sejalan dengan tujuan belajar yang telah direncanakannya. Peningkatan kemampuan self efficacy juga dipengaruhi beberapa aspek diantaranyapola asub orang tua, yang merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pola asub ini terdiri dari beberapa model yang salah satunya adalah pola asub authoritative dimana pola asub ini merupakan pola asuh yang ideal dibandingkan model-model pola asub yang lain. Pola asub ini juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan prestasi akademik aDak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan yang signifikan antara pola asuh authoritative dengan kemampuan selfefficacy dalam bidang akademik pada siswa kelas dua SMU. Penelitian ini menwmakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory research. Varia bel penelitian ini adalah pola asub asuh authoritative yang berperan sebagai variabel bebas dan kemampuan self efficacy sebagai variabel terikat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas n SMU Negeri 16 Surabaya sejumlah 104 orang, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh meialui kuesioner yang diberikan kepada subyek penelitian. dimana setiap subyek diberi kuesioner tentang pola asuh authoritative yang terdiri dari 46 item dan kuesioner tentang kemampuan self efficacy diadaptasi dati Morgan-Jinks Self Efficacy Scale yang telah dimodifikasi terdiri dari 26 item. Pembuatan kuesioner ini menggunakan dasar skala Likert yang telah dimodifIkasi Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment dengan menggunakan alat bantu program SPSS versi 10.00. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh koefisien korelasi. sebesar 0,729 dan p= 0,000 maka hipotesis dalam penelitian ini yang berbunyi ada hubungan antara kemampuan self efficacy dan pola asuh authoritative, diterima. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dismpulkan bahwa ada korelasi positif antara pola asub authoritative dengan kemampuan self efficacy dalam bidang akademik pada siswa kelas dua SMU.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PSYCHOLOGY, ADULT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
HESTY NOVIANA, 119810243UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURUL HARTINI, S.Pi., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Jan 2017 22:27
Last Modified: 04 Jan 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50499
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item