ANGGA NADYA FUROICHAH, 070016229
(2003)
INTERNET ADVERTISING ANALISA PENERIMAAN INTERNET USERS DI SURABAYA TERHADAP IKLAN BANNER DI KOMPAS CYBER MEDIA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Internet merupakan fenomena komunikasi yang mengalami pertumbuhan sangat cepat di dunia. Internet di Indonesia pun berkembang dengan pesat. Hampir semua instansi pemerintah dan swasta sudah mempunyai sarana internet, begitu juga dengan semakin banyaknya individu yang dapat mengakses ke internet. Tidak berlebiban jika di belahan dunia barat--dan ini mulai menggejala di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia-perusahaan-perusahaan besar dan menengah mulai melirik media internet sebagai bagian integral dalam percncanaan stratcgi periklanannya, Internet Advertising atau Periklanan di internet menawarkan bentuk berildan barn dcngan memanfaatkan media internet. Iklan banner mcrupakan bentnk iklan di internet yang paling utama dan yang paling sering dijumpai di internet.
Dengan jumlah internet users yang terus bertamhah di Indonesia, termasuk juga di Surabaya sebagai kota besar kedua di Indonesia, maka menarik untuk diamati bagaimana penerimaan internet users di Surabaya terhadap keberadaan iklan banner sebagai salah satu bentuk internet advertising. Akses informasi mclalui media massa yang sangat luas terhadap khalayak di Surabaya, khususnya dari internet, berpengaruh pada proses penerimaan dari internet users yang cenderung bervariasi. Kompas Cyher Media sebagai media yang bergerak dalam bidang berita dan bisnis online, merupakan salah satu media di Indonesia yang menawarkan pemasangan iklan banner di situsnya.
Untuk menganalisa penerimaan internet users terhadap iklan banner di Kompas Cyber Media, digrmakan metode reception analysis. Penelitian mengenai analisa penerimaan atau reception analysis masuk dalam kajian cultural studies, Sedangkau teknik pengumpulan datanya digunakan focus group discussion yang diiknti oleh 9 orang partisipan,
Dad interpretasi yang dilakukan terhadap narasi kualitatif hasil dari hasil transkrip focus group discussion didapatkan opini dan pemikiran internet users mengenai iklan banner di Kompas Cyber Media. Ditambah dengan data dari wawancara langsung dengan Direktur Operasional Kompas Cyber Media, maka didapatkan beberapa kategori yang mendeskripsikan penerimaan internet users terhadap iklan banner, yang dipengaruhi oleh motif penggunaan internet dan frekuensi penggunaan internet oleh internet users di Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |