MANAJEMEN KRISIS (STUDI KASUS PENGELOLAAN KRISIS OLEH PUBLIC RELATION PT. PETROKIMIA GRESIK (PERSERO) DALAM KASUS KEBOCORAN LIMBAH TAHUN 1997)

Devi Tri Indriasar, 079615366 (2000) MANAJEMEN KRISIS (STUDI KASUS PENGELOLAAN KRISIS OLEH PUBLIC RELATION PT. PETROKIMIA GRESIK (PERSERO) DALAM KASUS KEBOCORAN LIMBAH TAHUN 1997). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 27-01 IND M 079615366.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Upaya menek~n kct;Jar..pa~rLian dan faktor resiko ketika organisasi m~ngalami krisis dcngan pclurusan informasi oleh Public Relations berguna untuk mengindari kesimpangsiuran dan konscpsi masyarakal. Tindakan komunikasi adalah bagaian integral dari manajemen krisis di samping tindakan manajemen dan tindakan opcrasionaJ, karena hal ini mcnyangkut perbaikan kredibilitas dan reputasi organisasi p~rusahaan vang hidup di tengah-tcngah pllblik. Objek pcnelitirA yang dipilih adalah PT. Pctrokimia Gresik (Perscro) scbagui industri pupuk dar. kimia yang otomatis mempunyai potensi krisis yang cukllp besar tcrutama mcnyangkut isu-isu seputar lingkungan hidup. P~ncliIi mcnggllnakan kcrangka konscptllal : krisis, manajcm~n krisis, p\.'rcl1canaan krisis. rt.:spon tcrhm!.,p krisis, ""hlle Nda/lOm dun l1ulIlujcmcn krisls. M~loJ~ pcm:IiI.1Il yang digunakan adaJah Il1l.!todc pcncJitian kualitatif bl.!rtipc dcskriptif dcngan unit anaJisis organisasi dan unit informasi scbagai bagian plihilC £I11(li",~ yang mclaksanakan fungsi public relations dalam menagani krisis, Tcknik pcngumpulan data dilakukan dcngan wawaneara mendalam, Data-data yang dipcrolch dianaJisa dcngan proses anal isis data yailu ~ data dikumpulkan. dibaea. ditelaah, diatur, diurutkan dan dike)ompokkan bcrdasarkan jcnisnya. kemudian diedit. Analisis dilakukan dcngan jalan mcnghubungkan katcgori dan data ke dalam kcrangka yang tclah ada. Setelah dianalisis data diintcpretasikan untuk selanjutnya disajikan dalam bl.!1l1uk narasi. Ilasil pcnl.!iilian menyimpulkan bahwa program manajemen krisis PT. P~lrokimia Gresik (Persero) sudah mendekati model yang ideal karcna proscsnya Il1l!ncakup scluruh proses strtaegis, PT. Petrokimia Grcsik (Persero) merupakan industri yang rawall tcrjadinya KlIowtHmKllOWll c:rms, Penanggulangan krisis m~ngkoordinasikan alltara tindakan yailu : tindakan manajemen, opaasional, dan komunikasi. dalam mcnangani pub!ik krisis dilakukan m()rtljica/uJI/ s/mlt'}!..\'. pcndl.!kalan yang dilakukan humus yailu mclalui pclldckatun simbolik dan pl.!rilaku. Tahap pcrtumbuhan krisis mclipuli manajcmen isu, tahap pcrl.!l\canaan dan pcnccgahan, lahap krisis, dan pasca krisis. Program pcrcncanaan mannjcmcn krisis dapat dikakatakan hampir scmpurna kar~na mcnyangkut tujuh pcrsyaralan minimal scbuah rnanajcmcn krisis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 27-01 Ind m (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KRISIS; PUBLIC RELATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Devi Tri Indriasar, 079615366UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenry Subiakto, Drs., SH, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 22:49
Last Modified: 11 Jun 2017 19:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50504
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item