TRI MIRANTINI WAHYUNING ASIH, 049912624 E
(2003)
EVALUASI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PADA FUNGSI PENJUALAN DI PT. "R" SURABAYA DENGAN PENDEKATAN AUDIT OPERASIONAL.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Semakin luasnya lingkup dan ukuran perusahaau mengakibatkan di dalam banyak hal manajemen tidak dapat melakukan pengendalian secara langsung atau seeara pribadi
terhadap jalannya operasi perusahaan. Oleh sebab itu untuk menjaga lcineIja perusahaan agar tetap berjalan dengan baik diperlukan adanya struktur pengendalian intern (SPI) yang
memadai terhadap setiap kegiatan operasionalnya. SPI dikatakan efektif apabila SPI tersebut telah dirancangdengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Agar pengendalian intern tetap efektif, maka diperlukan pengawasan dan pengevaluasian secara terus-menerus dari pihak manajemen dengan rnemggunakan audit
operasional sebagai suatu tekillk pengendaliau yang dapat rnernbantu manajemen dengan menerapkan metode untuk mengevaluasi keefektifan prosedur kegiatan dan pengendalian
intern dalarn mencapai tujuan perusahaan. Audit operasional adalah suatu jenis audit yang mempunyai tujuan untuk menilai efektivitas suatu bagian, divisi ataupun departemen· dan melakukan penelaahan atas bagian manapun dari prosedur dan metode operasi suatu organisasi. Audit operasional berorientasi pada kinerja operasi perusahaan untuk masa mendatang yang berarti juga membantu meningkatkan kineIja manajemen, oleh karena itu
audit operasional perlu dilaksanakan secara periodik.
Dalam skripsi ini penulis mengadakan penelitian pada PT "R" yang bergerak di bidang industri kawat baja, dan hasil penelitiannya ditujukan untuk mengetahui evaluasi
efektivitas pengendalian intern pada fungsl penjualan untuk produk brorrjong kawat dengan menggunakan audit operasional. Dengan melalui tahap audit operasional ini, evaluasi pengendalian intern dapat diJakukan lebih terarah dan lebih terinei. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan beberapa ternuan kelemahan yakni tentang petunjuk kerja (job description) untuk masing-masing staf pemasaran, tentang proses pendistribusian
kesanggupan order, tentang ketiadaan pedornan secara tertulis mengenai potongan harga (discount), dan tentang pelaksanaan bagian kontrol atas fungsi penjualan yang dilakukan oleh kabag akuntansi. Disamping mengadakan evaluasi, auditing juga rnemberi rekornendasi untuk perbaikan, sehingga diharapkan apa yang menjadi tuj uan perusahaan dapat tercapai.
Actions (login required)
|
View Item |