PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENDUKUNG PENERAPAN SISTEM MATERIAL REQUIREMENT PLANNING PADA PT. YAMAHA MUSICAL PRODUCTS INDONESIA PASURUAN

HARGO WAHYUONO, 049314255 (2001) PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENDUKUNG PENERAPAN SISTEM MATERIAL REQUIREMENT PLANNING PADA PT. YAMAHA MUSICAL PRODUCTS INDONESIA PASURUAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 110-01 Wah p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi telah menj adi salah satu sumber daya yang penting bagi perusahaan. Informasi digunakan untuk mengelola sumber daya fisik perusahaan. Informasi dihasilkan oleh sistem informasi, salah satunya adalah sistem informasi akuntansi (SIA). Selain menghasilkan informasi, SIA juga mengumpulkan data yang menjelaskan aktivitas perusahaan. Data dan informasi tersebut digunakan oleh semua sistem informasi yang terdapat dalam konsep Computer Based Information System (CBIS). Salah satu sistem informasi dalam konsep CBIS yang menggunakan data dan informasi dari SIA adalah sistem informasi manufaktur. Sistem informasi manufaktur mencakup keseluruhan aplikasi komputer pada area manufaktur, di antaranya adalah material requirements planning system (MRP). MRP digunakan untuk mengelola material yang diperlukan dalam proses produksi. MRP terkait dengan SIA dalam hal penggunaan data yang dimiliki SIA untuk menentukan jumlah material yang diperlukan, guna menghasilkan bahan jadi sesuai jadwal yang ditentukan. PT. YMPI menerapkan sistem informasi dalam area manufaktur secara terkomputerisasi. sistem informasi manufaktur tersebut meliputi pula MRP. Pengunaan MRP pada PT. YMPI dimaksudkan untuk mengelola kebutuhan bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi. Penelitian dilakukan untuk memahami peranan SIA dalam mendukung penerapan MRP pada PT. YMPI. Hasil peneli tian diharapkan dapat digunakan oleh manajemen guna memahami data dan informasi yang dimiliki SIA, yang diperlukan untuk menerapkan MRP. Dukungan Sistem Informasi Akuntansi dalam penerapan Material Requirement Planning System pada PT. Yamaha Musical Products Indonesia Pasuruan Jawa Timur adalah penyediaan database yang antara lain berisi data mengenai persediaan bahan baku, persediaan bahan jadi, supplier, pesanan dari customer, pembelian bahan baku. Untuk menjalankan MRP, diperlukan kevalidan data yang dihasilkan SIA. Proses menjalankan MRP banyak bergantung pada data yang dimiliki oleh SIA. Untuk itu diperlukan suatu SIA yang memadai dan mampu menghasilkan data yang valid. Selain itu, diperlukan pula data yang bersifat dinamis dari SIA. Oleh karena itu PT. YMPI harus selalu memutakhirkan data yang dimilikinya guna menjaga kemutakhiran data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 110/01 Wah p
Uncontrolled Keywords: MATERIAL REQUIREMENT PLANNING
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HARGO WAHYUONO, 049314255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDEBBY RATNA DANIEL, DR. rer.pol.,S.E. ,AkUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 05 Jan 2017 18:31
Last Modified: 11 Jun 2017 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item