PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL 3 JADI TERHADAP PROGRESIFITAS DEMENSIA PADA LANSIA DI KABUPATEN MOJOKERTO

Nova Farkhatus Sholikhah, 131211133011 (2016) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL 3 JADI TERHADAP PROGRESIFITAS DEMENSIA PADA LANSIA DI KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 224-16 Sho p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lansia beresiko mengalami demensia disebabkan oleh penurunan fungsi kognitif. Demensia juga diikuti dengan sindrom depresi. Intervensi permainan tradisional 3 jadi digunakan untuk melatih fungsi kognitif dan mengurangi depresi lansia. Permainan tradisional 3 jadi merupakan salah satu bentuk aplikasi dari transmissive reminiscence therapy dengan perantara budaya yang telah dikenal oleh masyarakat Dusun Kedungsumur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari permainan tradisional 3 jadi terhadap progresifitas demensia pada lansia. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian semu eksperimen. Populasi target pada penelitian ini sebanyak 15.341 lansia. Populasi terjangkau (telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi) sebanyak 36 lansia di Dusun Kedungsumur. Responden berjumlah 20 lansia dipilih melalui simple random sampling. Variabel independen adalah permainan tradisional 3 jadi. Variabel dependen adalah tingkat kognitif dan depresi. Data dikumpulkan dengan menggunakan ECAQ (Elderly Cognitive Assessment Questionnaire) dan GDS (Geriatric Depression Scale). Analisis statistik yang digunakan adalah Independent T-Test dan Paired T-Test dengan tingkat signifikansi α ≤ 0.05. Hasil uji statistik Paired T-Test untuk kognitif (p = 0.010) dan depresi (p = 0.000). Hasil uji statistik Independent T-Test untuk kognitif (p = 0.003) dan depresi (p = 0.000) sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh permainan tradisional 3 jadi terhadap progresifitas demensia. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh permainan tradisional 3 jadi terhadap progresifitas demensia sangat kuat. Lansia mengalami peningkatan tingkat kognitif dan penurunan tingkat depresi setelah bermain permainan tradisional 3 jadi sehinggalansia dapat memenuhi kebutuhan untuk perawatan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 224-16 Sho p
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional, 3 jadi, demensia, kenangan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1060-1064 Aged. Gerontology (Social aspects). Retirement
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nova Farkhatus Sholikhah, 131211133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni Haryanto, Dr. S.Kp., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAndri Setiya Wahyudi, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 06 Jan 2017 01:33
Last Modified: 26 Mar 2018 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item