ANALISIS POSISI ROKOK STARMILD BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT -ATRIBUT PRODUK DI SURABAYA

HANANTO ISWORO, 049822303 E (2003) ANALISIS POSISI ROKOK STARMILD BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT -ATRIBUT PRODUK DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
50648 1.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai analisis posisi rokok StarMild terhadap para pesaingnya. Latar belakang masalahnya adalah persaingan yang semakin hebat dalam industri rokok ringan, dengan semakin banyaknya merek dalam kelas produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi rokok StarMild terhadap para pesaingnya berdasarkan persepsi konsumen sasaran pada atribut-atribut yang telah diidentifikasikan. Manfaat penelitian yang bisa diperoleh adalah mengetahui posisi rokok StarMild terhadap pesaing-pesaingnya dan mengetahui pesaing terdekat rokok StarMild. Para pesaing rokok StarMild yang dilibatkan dalam penelitian didapatkan melalui focus group, yaitu A Mild, elas Mild, LA Light, Bentoel Mild, BokorMas Mild, Wismilak Mild, dan Surya Mild. Atribut-atribut produk yang dianalisis juga diidentifikasi melalui focus group yaitu kadar nikotin dan tar, rasa, aroma, gaya hidup, kepribadian, pemakai, dan citra diri. Pengertian penentuan posisi adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan sehingga menempati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berbeda dalam benak pelanggan sasarannya (Kotler, 1997 : 262 ), dimana model analisis yang dipakai dalam penelitian ini diadaptasi dari Steps In the Positioning Process yang dikemukakan oleh Walker, Boyd & Larreche ( 1992 : 208 ), sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah Multidimensional Scaling. MDS tersebut menghasilkan spatial map ( peta ruang ) dengan dua dimensi yang menggambarkan posisi rokok StarMild terhadap para pesaingnya. Hasil penelitian menemukan bahwa StarMild berada di posisi paling kanan dimensi 1 ( citra diri ), yang berarti dipersepsikan sebagai rokok yang paling jantan; sementara pada dimensi 2 ( gaya hidup ), StarMiid berada ditengah-tengah, yang berarti konsumen tidak menganggapnya sebagai rokok yang identik dengan gaya hidup modem. Pesaing terdekat rokok Starmild adalah rokok LA Light.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB 248.03 ISW A FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER BEHAVIOUR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HANANTO ISWORO, 049822303 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDWI UTAMI S, Dra. Ec.., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 08 Jan 2017 19:44
Last Modified: 05 Jun 2017 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50648
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item