PRAKTEK PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGALIHAN PIUTANG (CESSIE) ANTARA PT. BANK BALI DENGAN PT. ERA GIAT PRIMA

RINA RAHMAWATI (2000) PRAKTEK PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGALIHAN PIUTANG (CESSIE) ANTARA PT. BANK BALI DENGAN PT. ERA GIAT PRIMA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK PER 119 00 Rah p.pdf

Download (554kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pembahasan mengenai permasalahan sebagaimana diuraikan dalam bab-bab sebelumnya maka kesimpulan yang dapat ditarik sebagai berikut : a. Syarat pertama yang harus dipenuhi didalam perjanjian pengalihan piutang (cessie) adalah adanya akta otentik atau akta dibawah tangan. Syarat ini sifatnya mutlak. Hal ini karena setelah selesai penandatanganan didalam akta cessie maka teIjadi penyerahan hak. Yang semula hak piutang atas nama yang dimiliki oleh cedent (kreditor lama) beralih kepada cessionaris (kreditor baru) betekening / pemberitahuan merupakan syarat kedua dari adanya peIjanjian pengalihan piutang (cessie). Betekening terhadap debitor bukan merupakan suatu keharusan. Hal ini karena betekening tidak terlalu penting dalam pemindahan kekuasaan atas piutang tersebut b. Peljanjian pengalihan piutang (cessie) antara PT. Bank Bali dengan PT. Era Giat Prima adalah sah menurut hukum. Hal ini karena adanya kesepakatan bagi kedua belah pihak, adanya kecakapan didalam melaksanakan perbuatan hukum, adanya hal tertentu dan didasarkan pada suatu sebab yang hala1. Problematik yang ada di Bank Bali adalah tanpa adanya pemberitahuan kepada pihak debitor. Sebagaimana normalnya cessie, pemberitabuan harus dipenuhi yang mana pemberitahuan ini merupakan syarat kedua dari cessie.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PER 119-00 RAH P
Uncontrolled Keywords: BANK AND BANKING
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
RINA RAHMAWATIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 08 Jan 2017 21:55
Last Modified: 08 Jan 2017 21:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50672
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item