PEMANFAATAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL SEBAGAI PENDUKUNG DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS PADA PT. ISN)

ACHMAD SOFYAN RASYID (2001) PEMANFAATAN INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL SEBAGAI PENDUKUNG DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (STUDI KASUS PADA PT. ISN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
50689.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Investasi penggantian mesin pada sebuah perusahaan membutuhkan dana yang cukup besar dan membutuhkan waktu pengembalian dalam jangka panjang. Mengingat unsur ketidakpastian yang cukup tinggi, maka investasi perlu diteliti terlebih dahulu sebelum direalisasi sehingga hasil yang diperoleh dapat memuaskan. Keputusan untuk penggantian mesin dapat dilakukan dengan melakukan suatu analisa kelayakan dengan memanfaatkan informasi akuntansi diferensial yang dimasukkan ke dalam suatu model pengambilan keputusan investasi. Pesatnya perkembangan dan pertumbuhan pertekstilan di Indonesia dan untuk tercapainya visi perusahaan sebagai BUMN Industri Tekstil Indonesia abad 21 menuju perusahaan kelas dunia yang mempunyai daya saing dan daya cipta nilai tinggi, serta tujuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan telah mendorong PT.ISN untuk melakukan investasi dengan melakukan penggantian mesin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif berupa penilaian deskritif dan evaluatif Variabel penelitian yang digunakan adalah tingkat pengembalian investasi, aktiva diferensial, pendapatan diferensial, dan biaya diferensial. Sedangkan tingkat pengukuran yang digunakan untuk variabel-variabel penelitian adalah ukuran rasio. PengumpuJan informasi dalam penyusunan skripsi ini menggunakan teknik interview dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil perhitungan pengembalian investasi yang diperoleh dengan menggunakan metode payback period adalah 5,18 tahun sehingga tidak Jayak untuk dilakukan investasi penggantian mesin , karena PT. ISN mensyaratkan investasi hams kembali dalam jangka waktu 3 tahun. Metode internal rate of return (IRR) menunjukkan bahwa hasil IRR yang diperoleh adalah sebesar 20 % yang lebih besar dari pada cost of capital yaitu sebesar 10 % sehingga investasi layak untuk dilaksanakan. Hasil net present value (NPV) yang diperoleh adalah positif atau lebih besar dari nol yaitu sebesar Rp. 3.267.553.957, sehingga investasi layak untuk dilaksanakan. Metode pr~fitability index (PI) menunjukan hasil PI yang diperoleh lebih besar dari satu yaitu sebesar 1,8489 sehingga investasi untuk penggantian mesin layak untuk dilaksanakan. Hasil-hasil yang akan dicapai jika PT. ISN melakukan investasi untuk penggantian mesin yaitu penghematan biaya, tambahan pendapatan dan tambahan laba. Penghematan biaya terjadi karena jika melakukan investasi penggantian mesin, diperkirakan perusahaan akan menghemat pengeluarannya sebesar 3 % dibanding jika perusahaan tidak meJakukan penggantian mesin. Total tambahan pendapatan yang diperkirakan akan diperoJeh PT.ISN jika melakukan investasi adalah sebesar Rp. 45.557.123.780, sementara total tambahan laba diperkirakan sebesar Rp. 12.040.062.636. Melihat hasil penelitian, maka disarankan agar PT.ISN dapat merealisasikan rencananya untuk melakukan penggantian mesin, walaupun metode payback period tidak mendukung investasi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 208/01 Ras p
Uncontrolled Keywords: DECISION-MAKING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD SOFYAN RASYIDNIM049711749-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 08 Jan 2017 22:25
Last Modified: 06 Jun 2017 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item