NORA ANASTASIA, 049916487 (2008) PENINGKATAN EFEKTIVITAS KERJA KANTOR PELAYANAN PAJAK DENGAN PENERAPAN SISTEM PAJAK ON-LINE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-anastasian-7987-abstract-7.pdf Download (297kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-anastasian-7790-a27907.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pajak adalah salah satu penerimaan negara yang terbesar. Jumlahnya hampir seperlima bagian dari penerimaan negara. Untuk mengoptimalkan waktu kerja KPP dan mengoptimalkan penerimaan pajak maka pemerintah membuat sistem MP3. Dalam sistem MP3 ini semua data yang diperlukan untuk kepentingan pemeriksaan dan lainnya langsung dapat diakses melalui database. Dalam sistem ini semua KPP terkoneksi dalam satu jaringan on-line. Dari hasil penelitian di KPP Genteng khususnya bidang PPN dan PTLL, diketahui bahwa sistem informasi PPN terdiri dari penerimaan SPT Masa, pengolahan SPT Masa, dan pemeriksaan SPT Masa. Ketiga sistem ini dilakukan secara bertahap. Melalui sistem MP3, penerimaan, pengolahan, dan pemeriksaan SPT Masa PPN tidak lagi memakan waktu yang lama dan prosedur yang berbelit-belit, karena semua data yang diperlukan dapat diakses langsung di database dan surat-menyurat untuk kepentingan konfirmasi pun dapat dilakukan dengan fax yang dibubuhi tanda tangan pejabat yang berwenang. Konfirmasi untuk: restitusi pajak juga dapat dipersingkat waktu nya, tidak lagi memakan waktu hingga mingguan tapi hanya dalam hitungan hari saja. Sistem Informasi PPN secara on-line ini meningkatkan pengawasan terhadap pelaksaan PPN dan juga menghemat waktu pemeriksaan nya. Kesalahan dalam penghitungan dan selisih yang sering terjadi sebelum menggunakan sistem MP3 dapat diminimalisasi bahkan dihilangkan karena data-data yang dibutuhkan tidak lagi dalam bentuk kertas yang masih harus diinput secara manual tapi sudah berupa CD maupun disket yang memudahkan dalam penghitungan dan pemeriksaan SPT. Sistem on-line ini sudah berjalan dengan baik, namun terkadang masih terdapat kebocoran data walaupun jumlah nya relatif kecil. Untuk mencegah nya diperlukan pengawasan sistem yang lebih baik dan kesadaran dari masing-masing user sistem untuk menjaga kerahasiaan data yang menjadi kewenangannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A.279/07 Ana p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PERFORMANCE STANDARDS; MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ7461-7980 Expenditures. Government spending T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Nov 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Oct 2016 07:24 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5094 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |