PENJUALAN CIClLAN SEBAGAI ALTERNATIF CARA PENJUALAN RUMAH DAN PENGARUH PENGAKUAN PENDAPATANNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PenlSahllD Real Elgt PT "X" di SanbaYI)

ENDANG PURWANINGSIH, 049611033 E (2003) PENJUALAN CIClLAN SEBAGAI ALTERNATIF CARA PENJUALAN RUMAH DAN PENGARUH PENGAKUAN PENDAPATANNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PenlSahllD Real Elgt PT "X" di SanbaYI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 268-03 Pur p.pdf

Download (524kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan rumah sebagai sarana tempat tinggal yang memadai merupakan suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat, baik di mas a kini maupun di masa yang akan datang. Kebutuhan akan rumah tersebut semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Hal yang menjadi kendala adalah bahwa harga rumah sering kali diluar jangkauan masyarakat, bila harus membelinya secara tunai. Sehingga perlu adanya altematif cara pembelian agar rumah dapat dengan mudah dimiliki. Salah satu altematif adalah memberikan kemudahan bagi pembeli dengan memberikan kredit tanpa melalui KPR bank, yang dalam hal ini disebut sebagai KPR PT. Kelebihan dari KPR PT ini antara lain suku bunga yang rendah dan tetap (fixed) dengan periode mengangsur relatif lebih pendek dibanding dengan bank. Penyelenggaraan KPR PT ini dituntut suatu administrasi keuangan yang tertib dan pencatatannya juga memerlukan suatu perlakuan akuntansi yang sesuai mengenai saat pengakuan pendapatannya. Metode pengakuan pendapatan yang digunakan oleh perusahaan adalah metode penjualan tunai sehingga kadang harga yang ditawarkan pengembang tidak terjangkau oleh peminat. Dengan adanya KPR PT ini diharapkan harga dapat terjangkau dan peminat semakin banyak. Atas penjualan dengan KPR PT tersebut, metode pengakuan pendapatan dengan pendekatan pada metode penjualan cicilan (installment method) dianggap sebagai altematif yang paling baik dan sesuai. Pendapat tersebut didasari atas pemikiran dan penganalisaan bahwa laba periodik yang dilaporkan menunjukkan gambaran operasi perusahaan secara wajar, sebab penjualan yang akan terjadi pada waktu atau masa periode lang sung dilaporkan sebagai penjualan peri ode itu. Dengan metode ini pula pengakuan laba setiap tahunnya seimbang, dikarenakan penjualan diakui pada saat transaksi terjadi dan pengakuan laba periodik akan disesuaikan dengan besamya angsuran yang telah dibayar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 268 / 03 Pur p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PENJUALAN CIClLAN SEBAGAI ALTERNATIF CARA PENJUALAN RUMAH DAN PENGARUH PENGAKUAN PENDAPATANNYA TERHADAP LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Pada PenlSahllD Real Elgt PT "X" di SanbaYI)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ENDANG PURWANINGSIH, 049611033 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI ISWATI, Dr.Hj.,SE,Msi,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Jan 2017 16:30
Last Modified: 15 Jan 2017 16:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51014
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item