TOPIK-TOPIK PEMBICARAAN ANTARA SUAMI-ISTRI MENGENAI MASALAH PRIBADI (Suatu Studi Deskriptif tentang Topik-topik Pembicaraan antara Suami-Istri mengenai Masalah Pribadi pada Pasangan Suami-Istri di Wilayah Kelurahan Mulyorejo)

IRMA ARDRIYANTI, 079414323 (1999) TOPIK-TOPIK PEMBICARAAN ANTARA SUAMI-ISTRI MENGENAI MASALAH PRIBADI (Suatu Studi Deskriptif tentang Topik-topik Pembicaraan antara Suami-Istri mengenai Masalah Pribadi pada Pasangan Suami-Istri di Wilayah Kelurahan Mulyorejo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 33-99 ARD T.pdf

Download (738kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari interaksi suami dan istri sebagai subsistem utama dalam sistem keluarga. Interaksi tersebut kemudian membentuk suatu hubungan interpersonal yang bersifat primer antara suami dan istri. Dalam hubungan interpersonal yang bersifat primer, suami-istri dapat digambarkan sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Mereka terbuka dalam berbagai hal termasuk mengenai masalah pribadi. Oleh· karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui topik-topik pembicaraan masalah pribadi Kerangka konseptual yang digunakan dalam penelitian in antara lain adalah keluarga sebagai suatu sistem terbuka, peran dan status suami-istri, subsistem suamiistri sebagai bagian dari pola interaksi dalam sistem keluarga, komunikasi antara suami-istri, keterbukaan diri, persepsi relasional suami-istri, dan topik-topik pembicaraan antara suami-istri mengenai masalah pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan tipe penelitian deskriptif Unit analisis yang digunakan adalah pasangan suami-istri. Untuk kepentingan analisis, perlu kiranya pemisahan antara suami dan istri agar dapat dideskripsikan topik pembicaraan masalah pribadi menurut suami dan menurut istri. Populasi penelitian ini adalah pasangan suami-istri yang tinggal di wilayah Mulyorejo. Jurnlah sebanyak 100 pasang suami-istri dengan teknik pengambilan sampel menggunakan acak sederhana (simple random sampling). Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan tidak semua pasangan suamiistri membicarakan topik-topik masalah pribadi, yaitu topik-topik tentang agama, perasaan, sakit, penampilan, keluarga asal, pengambilan keputusan, kehadiran orang ketiga, pengungkapan kasih sayang kepada pasangan, masalah seksual, pekeIjaan, dan pergaulan dengan tetangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 33/99 Ard t
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION, MARRIAGE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
IRMA ARDRIYANTI, 079414323UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdiiati, Dra. . MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 20:22
Last Modified: 09 Jun 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51069
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item