READABILITY HEADLINE SURAT KABAR (Studi Perbandingan Readability Level Rubrik Headline High Brow Newspaper dengan Boulevard Newspaper pada Surat Kabar Jawa Pos dan Surat Kabar Memorandum)

Suzana Dhewayani, 079534988 (1999) READABILITY HEADLINE SURAT KABAR (Studi Perbandingan Readability Level Rubrik Headline High Brow Newspaper dengan Boulevard Newspaper pada Surat Kabar Jawa Pos dan Surat Kabar Memorandum). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 39-99 DHE R(1).pdf

Download (747kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemahaman pembaca terhadap surat kabar dapat diketahui melalui Readability Research. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan readability level antara dua jenis surat kabar, yaitu Memorandum dan Jawa Pos. Hal ini didasari atas perbedaan gaya penulisan dan jenis k.edua surat kabar ini, yaitu Memorandum sebagai surat kabar dengan jenis boulevard newspaper dan Jawa Pos sebagai surat kabar dengan jenis highbrow newspaper Readability level adalah hasil dari readability research terhadap suatu bacaan. Hal ini berdasarkan pernikiran jika suatu bacaan merniliki nilai atau tingkat keterbacaan yang tinggi, maka pembaca akan semakin mudah memaharni pesan yang ingin disampaikan bacaan. Dalam penelitian ini, bacaan yang diambil adalah rubrik berita utama atau headline, dengan pertimbangan berita utarna adalah daya tarik suatu surat kabar dalam menarik pembaca. Karenanya, headline hams dapat dimengerti pembaca, yang menJadi sasarannya. Readability research pada dasamya merupakan aplikasi dari teori informasi yang menekankan pada proses diterimanya pesan dari komunikator kepada komunikan. Pada teori ini dikemukakan konsep entropy dan redundancy. Kerangka konseptual yang digunakan dalam peneiitian ini antara lain adalah readability theory, teori informasi, pembaca sebagai komunikan, surat kabar sebagai media massa dan rubrik headline surat kabar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan jenis penelitian deskriptif Unit analisis yang digunakan adalah individu yang berusia ~ 15 tahun yang diambil 100 orang berdasarkan perhitungan yamane, untuk diuji dengan test doze. Pernilihan responden menggunakan accidental sampling. Data yang diperoleh tersebut kemudian akan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif Penelitian ini memperoieh hasil bahwa rubrik headline Jawa Pos memiliki readability level yang lebih tinggi daripada rubrik headline Memorandum. Tapi, untuk lama waktu penyelesaian, surat kabar Memorandum memiliki responden yang menjawab sangat cepat, lebih banyak dibandingkan Jawa Pos. Penelitian ini juga memperlihatkan kecenderungan semakin tinggi pendidikan respondeD, semakin tinggi pula skor readability yang diperoleh serta semakin cepat pula. responden menyelesaikan naskah Cloze test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 39/99 Dhe r
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Suzana Dhewayani, 079534988UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLIESTIANINGSIH D., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 22:46
Last Modified: 09 Jun 2017 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51100
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item