EDDY SUTRISNO, 079313851
(1998)
FOTO BERITA DI SURAT KABAR (Studi Deskriptif Terhadap Foto Berita Headline yang menampilkan Wanita di Surat Kabar Jawa Pos, Surabaya Post dan Surya selama tahun 1997).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Foto berita sebagai salah satu produk jurnalistik itu memanfaatkan aspek visual untuk menyajikan suatu berita. Hal ini menuntut kemampuan untuk memadukan antara teknik fotografi dan i lmu j urnal istik. Sehingga hasi1 1iputan yang diperoleh akan memiliki nilai berita yang cukup tinggi dan layak dipublikasikan.
Potensi foto berita sebagai media komunikasi visual juga merupakan salah satu obyek kajian jender. Terutama berkaitan dengan peranan media massa secara umum sebagai salah satu agen sosialisasi jender. Sabagian besar isi media massa sel?1lu menyaj ikan norma-norma perilaku lsosial yang mempertegas model--model peranan yang berkaitan dengan jender stereotip.
Pel1eli t j.an ini bertuj uan untuk menganal isis tematema fo'!::o berita headline yang in8nampilkan wani ta pada surat kabar Ja\'r"B Pos. Su.cabaY?1 Post. dan Surya selama tahun 1997 dengan menggunakan perspektif jender. Dari jumlah populasi 256 foto berita headline. diperoleh sampel sebanyak 256 foto berita headline melalui teknik total sampling. Selanjutnya data '!::ersebut dimasukkan. ke dalam lembar koding untuk dianalisis beredasarkan kategorisasi yang telah ditetapkan.
Hasi 1 peneli tian ini menunj ukkan bahwa tema foto berita headline yang menampilkan wanita pada ketiga surat kabar itu cenderung dominan pada tema Politik dan Perr..f:n-lntahan (22.8%). !-iiburan Rakyat (18.3%). dan Human Interest (12.3%). Tingginya kuantitas keterlibatan wanita di bidang politik dan pemerintahan ternyata tidak diikuti dengan kualitasnyayang masih tampak rendah. Khususnya kehadiran wanita dalam foto berita headline sebagian besar masih cenderung sebagai pelengkap berita. Jadi secara umum media massa masih memperkuat status quo.
Actions (login required)
|
View Item |