SITI RAHAYU
(1999)
PERANAN MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN KETAT DI DUNIA PENERBANGAN (STUDI KASUS PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES-SURABAYA).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Merpati merupakan salah satu perusahaan penerbangan yang mempunyai misi jaringan udara domcstik.Sampai saat ini. Merpati berusaha agar tetap exist di jajaranjajaran perusahaan penerbangan yang lain. Ini dikarenakan keadaan yang cukup sulit dewasa ini dalam menghadapi berbagai persoaJan terutama likuiditas perusahaan penerbangan. Untuk itu, Merpati mempunyai kiat-kiat dalam menghadapi hal tersebut dengan meningkatkan Divisi Marketing, diantaranya adalah meningkatkan kinerja pada Divisi Reservation dan Divisi Ticketing. Selain itu, Mcrpati melakukan kerja sarna dengan beberapa pihak dalam pemasaran produknya yaitu dengan agen dan MTC.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. sedangkan datadata penulis didapat dari observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kegiatan marketing tidak hanya sekedar kegiatan menjual barangljasa tapi lebih luas daripada itu, kegiatan marketing saling kait mengkait dcngan kegiatan lain dalam perusahaan serta luar perusahaan.
Berdasarkan hal ini penulis menyarankan bahwa saat ini dan selaniutn'Ya PT Merpati Nusantara Airlines lebih meningkatkan pelayanan pada pax dan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang bersangkutan dalam pemasaran produknya.
Actions (login required)
|
View Item |