PER8EDAAN PENERAPAN ANTARA AKUNTANSI KONVENSIONAL DENGAN AKUNTANSI SUMBER DAVA MANUSIA PADA LAPORAN KEUANGAN DI PT. GARAM (PERSERO)

BUDI LUCKYANTO (2004) PER8EDAAN PENERAPAN ANTARA AKUNTANSI KONVENSIONAL DENGAN AKUNTANSI SUMBER DAVA MANUSIA PADA LAPORAN KEUANGAN DI PT. GARAM (PERSERO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 270-04 Luc p.pdf

Download (547kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surnber daya rnanusia rnerupakan asset yang paling berharga bagi perusahaan, karena adanya rnanusia suatu perusahaan dapat beIjalan. Akuntansi surnber daya rnanusia rnencoba rnernperbaiki kelernahan yang ada pada akuntansi konvensional rnelalui pengukuran dan penilaian sumber daya rnanusia sebagai aktiva perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Garam (persero), yang selarna ini bel urn rnenerapkan akuntansi surnber daya rnanusia seoagai penyedia informasi yang relevan rnelalui pengukuran dan penilaian sumber daya rnanusia sebagai suatu aktiva perusahaan. Dana yang dikeluarkan PT. Gararn (Persero) untuk surnber daya rnanusia itu ditujukan agar investasi yang ditanamkan akan dapat rnernberikan surnbangan bagi perusahaan yang berupa pendapatan. Karena sumber daya rnanusia diperoleh perusahaan tidak untuk jangka pendek, tetapi jangka panjang rnaka sudah seharusnya biaya yang dikeluarkan perusahaan tersebut tidak dirnasukkan ke laporan laba rugi peri ode yang bersanglrutan saja, seperti halnya pada akuntansi konvensional, tetapi dirnasukkan pada human capital investment di asset yang akan diamortisasi perusahaan. Model biaya historis merupakan model pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini, di mana model ini rnempunyai dua komponen biaya yaitu aktiva dan beban. Kemudian hasil dari pengukuran biaya sumber daya manusia berdasarkan akuntansi sumber daya manusia akan dibandingkan dengan perlakuan biaya sumber daya rnanusia berdasarkan akuntansi konvensional dan dilihat pengaruhnya pada laporan keuangan. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan survei yang dilakukan, diperoleh data-data yang diperlukan, baik berupa data kualitatif maupun data kuantitatif dari sumber data primer maupun sekunder. Selanjutnya dapat dilakukan pengolahan data yang diperoleh dan kemudian mernbandingkannya dengan landasan teori yang ada sehingga dapat dihasilkan penerapan Akuntansi sumber daya manusia dengan model atau kerangka keIja sesuai dengan keadaan yang ada. Simpulan dari penelitian ini adalah karena besarnya dana yang dikeluarkan, maka akan dianalisis kemungkinan penerapan akuntansi sumber daya rnanusia di PT. Garam (Persero). Dengan akuntansi sumber daya rnanusia rnaka perusahaan akan mengalami peningkatan dalam laba dikarenakan biaya-biaya yang oleh akuntansi konvensional dimasukkan ke dalam beban, pada akuntansi sumber daya rnanusia akan dirnasukkan dalam aktiva sehingga rnenyebabkan aktiva semakin besar dan beban semakin kecil. Dengan konsep akuntansi sumber daya manusia juga dapat membantu rnanajernen dalam mengambil keputusan, karena informasi yang diberikan lebih rnendekati realitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 270 / 04 Luc p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PER8EDAAN PENERAPAN ANTARA AKUNTANSI KONVENSIONAL DENGAN AKUNTANSI SUMBER DAVA MANUSIA PADA LAPORAN KEUANGAN DI PT. GARAM (PERSERO)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
BUDI LUCKYANTONIM09111561-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIDI HIDAYAT, Drs.,MSi,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Jan 2017 17:10
Last Modified: 16 Jan 2017 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item