PENGAKUAN BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI AKTIVA DAN PENGARUHNY A TERHADAP KONTRIBUSI SUMBER DAY A MANUSIA BAGI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

SIUNTA PUSPANING TYAS, 040113957E (2004) PENGAKUAN BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI AKTIVA DAN PENGARUHNY A TERHADAP KONTRIBUSI SUMBER DAY A MANUSIA BAGI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 354-04 Tya p.pdf

Download (527kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akuntansi konvensional belum memberlakukan sumber daya manusia sebagai aktiva karena anggapan masyarakat bahwa menominalkan manusia adalah sesuatu hal yang kurang pantas dan belum ada metode pengukuran sumber daya manusia yang disepakati sebagai pengukuran yang tepat.Suatu perlakuan yang lebih tepat adalah mengkapitalisasi pengeluaran sumber daya manusia agar dapat menghasilkan faedah di masa yang akan datang. Sesungguhnya perlakuan yang terakhir ini menimbulkan suatu persoalan barn mengenai pengukuran biaya atau nilai sumber daya manusia bagi suatu bidang penyelidikan barn dalam akuntansi sumb(;r daya manusia. Pelaporan keuangan yang menyajikan perihal sumber daya manusia di dalamnya akan memberikan banyak manfaat bagi pengambil keputu~ terutama dikaitkan dengan kinerja dan manajemen yang melakukan operasional perusahaan. Pada Bank "X", para pengambil keputusan baik ekstem yaitu investor yang menyetorkan modal dan bank yang memberi kredit dapat melihat apakah perusahaan yang diinvestasikan di kerjakan orang-orang yang profesional sehingga yang diinvestasikan akan aman dan memberikan profit terhadap mereka. Pihak intern perusahaan akan melihat efisien atau tidaknya kinerja manajemen dengan melihat dana yang dibelanjakan ke sumber daya manusia perusahaan. Namun, sebagai konsekuensinya biaya yang dibutuhkan juga besar. Jika dilihat lebih jauh biaya yang besar ini sebenamya akan memberikan manfaat kepada perusahaan pada masa yang akan datang, sehingga perlu dilakukan perlakuan yang tepat atas terjadinya biaya tersebut agar laporan keuangan yang dihasilkan mempunyai nilai kewajaran. Sampai saat ini praktek akuntansi yang digunakan oleh Dank ''X'' adalah metode akuntansi konvensional dimana biaya sumber daya manusia diperlakukan sebagai beban yang ditandingkan terhadap pendapatan tabun berjalan. Padahal biaya sumber daya manusia tersebut masih akan memberikan manfaat potensial bagi perusahaan di mana-mana yang akan datang. Dengan adanya pelaporan sumber daya manusia, manajemen Bank "X" dapat lebih baik dalam mengambil keputusan mengenai sumber daya manu~ia yaitu memperoleh, mengembangkan, mengalokasikan, mempertahankail, menggunakan, menilai dan memberi imbalan kepada karyawannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 354 / 04 Tya p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Pengakuan, Akuntansi Sumber Daya Manusia, Aktiva, Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SIUNTA PUSPANING TYAS, 040113957EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuld, MCom(HONS), Drs. H., Ph.D., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Jan 2017 17:06
Last Modified: 18 Jan 2017 17:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51319
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item