JOKO LEKSONO
(2004)
PROMOSI SEBAGAI UPAYA DINAS PERHUBUNGAN DAN PARIWISATA DAERAH KABUPATEN LAMONGAN DALAM MENARIK WlSATAWAN KE OBYEK WISATA
GUA ISTANA MAHARANI.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Sebagaimana telah diketahui bahwa di Daerah Kabupetan Lamongan terdapat Obyek Wisata Gua Istana Maharani yang merupakan salah satu gua terindah eli Indonesia. Keindahan gua tersebut tampak pada. stalaktit dan stalagmit yang memang sangat menakjubkan dan seolah berbicara bahwa kekuasaan Tuhan tidak akan tertanelingi oleh apapun dan siapapun.
Gua yang terletak eli kawasan pantai utara Pulau Jawa (tepatnya eli Kecamatan Peciran Kabupaten Lamongan) ini merupakan aset daenth Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan selain obyek wisata lainnya seperti Pantai Tanjung Kodok:. Makam Sunan Drajad.. Makam Sendang Dhuwur dan Waduk Gondang.
Dibanelingkan dengan obyek wisata yang lain,. Gua Istana Maharani tergolong obyek wisata yang masih baru eli Kabupaten Lamongan. Gua ini bam ditemukan pada tabun 1992. Oleh karena itu., pihak pengelola obyek wisata dalam hal ini Dinas Perbubungan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Lamongan telah berupaya semaksimal mungkin untuk mempromosikan gua ini kepada masyarakat luas. Kegiatan promosi itu bertujuan untuk memperkenalkan Gua Istana Maharani dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke gua tersebut. Tingginya angka kunjungan wisatawan akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lamongan dari sektor pariwisata.
Kegiatan promosi Obyek Wisata Gua Istana Maharani yang dilakukan oleh
Dinas Perhubungan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Lamongan terbagi menjadi dua bentuk konsentrasi kegiatan. Promosi wisata tersebut terdiri dari promosi yang dilakukan atau dikonsentrasikan pada lokasi obyek wisata itu sendiri dan promosi yang dilakukan di luar lokasi obyek.
Kegiatan prOIllosi yang dikonsentrasikan pada lokasi Obyek Wisata Gua Istana Maharani meliputi :
1.
Penyebarluasan Brosur dan Kalender Wisata Kepada Para Pengunjung
2.
Penyelenggaraan Gebyar Pariwisata atau Atraksi Pariwisata
3.
Perbaikan Sarana dan Prasarana
4.
Peningkatan Pemeliharaan Kebersihan
5.
Peningkatan Mutu Pelayanan.
Sedangkan kegiatan promosi yang dikonsentrasikan di luar Obyek Wisata Gua Istana Maharani meliputi :
I. Penyebarluasan BrosUT, Leaflet dan Booklet serta Kalender Wisata Kepada Sejumlah Communication Channel Yang Dimiliki 0100 Dinas
2.
Pemanfaatan Media Massa (cetak dan elektronik) Sebagai Media Promosi
3.
Pemasangan Denah atau Peta wisata
4.
Pemasangan Rambu-Rambu Petunjuk Jalan atau Arab
5.
Pemasangan Billboard di Tempat Strategis
6.
Penerbitan Tabloid Jatim News
7.
Pemilihan Duta Wisata Yak dan Yuk Lamongan
8.
Website atau Situs Internet tentang Pesona Wisata Lamongan.
Actions (login required)
|
View Item |