DESANTRIYAS PRISWANDIKA
(2003)
KOMUNIKASI EFEKTIF MELALUI TELEPON BAGI PERSONAL SEKRETARIS DIVISI KEUANGAN DI PT. INDOSAT Tbk DRIVE TIMUR.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Profesi seorang sekretaris sangat dibutuhkan bagi suatu perusahan ataupun organisasi. Dimana perannya sangat vital bagi jalannya perusahaan atau organisasi. Ini berkaitan erat dengan tugas seorang sekretaris yang membantu efisiensi, efektivitas dan produktivitas pimpinan. Seorang sekretaris diperlukan supaya pimpinan terbebas dari tugas-tugas yang menyangkut urusan informasi., penyimpanan warkat, korespondensi, kedinasan atau dengan kata lain melaksanakan fungsi perkantoran pimpinan agar pimpinan bisa berkonsentrasi dan melaksanakan tugas manajerialnya dengan baik
Bagi seorang personal sekretaris di PT Indosat tbk Drive Timur komunikasi melalui telepon merupakan salah satu komunikasi yang hams dikuasai karena untuk kelancaran dalam berhubungan dengan perusahaan lokal tetapi juga dengan perusahaan asing. Dan juga peranan komunikasi dalam bertelepon sebagai sarana komunikasi yang efektif bagi seorang sekretaris sangatlah penting karena seorang sekretaris sering kali meqjadi orang pertama dalam perusahaan yang berhubungan dengan pihak lain, baik itu pelanggan, relasi bisnis ataupun salesman. Keefektifan berkomunikasi seorang sekretaris bisa dikatakan cerminan keefektifan perusahaan tersebut. Maka dari itu sangatlah penting bagi seorang sekretaris menjaga citra yang disampaikan melalui telepon dari cara berbicara serta tingkah laku dan sopan santun saat bertelepon. Karena kesan pertama yang didapat banyak orang tentang perusahaan adalah ketika mereka melakukan pembicaran telepon dengan sekretaris perusahaan tersebut. Dan juga persyaratan ini menunjang seorang sekretaris dalam keprofesionalisme
Faktor-Faktor yang harus diperhatikan oleh sekretaris dalam keefektifan komunikasi melalui telepon adalah sebagai berikut mengangkat telepon dengan segera, dan sebutkan identitas diri dan perusahaan, memberikan perhatian sepenuhnya pada saat berbicara, tidak menerima telepon sambil melakukan kegiatan yang lain, tersenyum sewaktu bertelepon, berbicara dengan gaya bicara wajar, kecepatan normal, menggunakan kalimat sistimatis dengan kata-kata dan lafal yang jelas, jangan biarkan Iawan bicara menunggu, catat semua pesan-pesan, dan akhiri pembicaraan dengan ucapan terima kasih.
Actions (login required)
|
View Item |