UPACARA TYAS DALEM : TRADISI IBADAT SABDA DALAM BUDAYA JAWA (Studi Deskriptif Tentang Pesta Nama Gareja Hati Kudus Yasus Ganjuran, Daerah Istimewah Yogyakarta

FLUORENTINA DESI SATYANINGSIH, 079414280 (1999) UPACARA TYAS DALEM : TRADISI IBADAT SABDA DALAM BUDAYA JAWA (Studi Deskriptif Tentang Pesta Nama Gareja Hati Kudus Yasus Ganjuran, Daerah Istimewah Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis Ant.08-00.Sat u.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Penulis dalam mengkaji pennasalahan tentang Upacara Tyas Dalem yang dilaksanakan di Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran, Kelurahan Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dilatar belakangi sejak penulis selalu mengikuti perayaan Upacara Tyas Dalem, pada waktu liburan ke rumah nenek. Sebagai orang Jawa pada umumnya umat Katolik Ganjuran masih terpengaruh oleh nilai-nilai budaya Jawa. Meskipun mereka telah menganut agama Katolik, namun eksistensinya sebagai orang Katolik Jawa masih tetap dipertahankan. Dengan perkataan lain bahwa kebudayaan Jawa tetap diusahakan kelangsungan hidupnya oleh masyarakat Jawa, termasuk di dalamnya orang-orang Katolik-Jawa. Sementara itu orang-orang Katolik-Jawa juga mengusahakan untuk membina pola-pola dan nilai-nilai kebudayaan Jawa, yang sesuai dengan ajaran agama Katolik. Jadi orang Katolik Jawa dalam menghayati ajaran agama Katolik, tetap berusaha untuk tinggal sebagai orang Jawa dengan tidak meninggalkan unsur-unsur kejawaannya. Di dalam penulisan skripsi yang dibahas secara deskriptif mengenai upacara Tyas Dalem ini, berupaya untuk menguraikan arti dan makna yang terkandung dalam upacara Tyas Dalem, dan mengungkapkan latar belakang perwujudannya yang didasarkan pada falsafah dan konsep-konsep yang hidup dalam masyarakat yang tercermin pada perayaan upacara Tyas Dalem dengan menggunakan adat istiadat Jawa. Dalam proses penyelesaian skripsi ini perolehan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan penggunaan sumber pustaka lainnya, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa upacara Tyas Dalem ini merupakan upacara hari raya Hati Kudus Yesus, yang merupakan hari jadi Gereja Ganjuran yang berlindung pada Hati Kudus Yesus yang Mahakudus. Dalam perayaan upacara Tyas Dalem ini diadakan kirab Sakramen Mahakudus yang menjadi berkat bagi umat Paroki Hati Kudus Yesus Ganjuran, sebagai tanda pasrah jiwa raga dan juga memasrahkan bumi ganjuran serta bumi Nusantara kepada Hati Kudus Yesus yang Mahakudus. Upacara Tyas Dalem ini dirayakan dengan adat istiadat Jawa yang merupakan usaha inkulturasi Gereja Katolik dengan budaya Jawa. Dan dalam perayaan upacara Tyas Dalem ini umat Paroki Hati Kudus Yesus Ganjuran juga memasrahkan hasil bumi, sebagai rasa syukur atas berkah yang telah diberikan kepada umat Paroki Ganjuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 08-00 Sat u
Uncontrolled Keywords: RELIGION AND CULTURE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
FLUORENTINA DESI SATYANINGSIH, 079414280UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBudi Setiawan, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 18 Jan 2017 22:14
Last Modified: 18 Jan 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item