REMAJA DAN PAKAIAN (Etnografi Remaja Pengunjung Plasa Surabaya)

RUSLIA YUHANA, 079514744 (2000) REMAJA DAN PAKAIAN (Etnografi Remaja Pengunjung Plasa Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FIS ANT.12 00.YUL R.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Membicarakan perilaku remaja dalam kesehariannya tidal.:: alcan pernah ada habisnya. Mulai dari segala tingkah laku hingga ekses-ekses yang dimunculkan dari segala perilaku sosialnya yang sebena.."ly& merupakan suatu fenomena losial tersendiri dari suatu listem sosial masyarakat kita. Untuk saat ini. pakaian bagi sebagian remaja kita tidak hanya sebagai penutup tubuh belaka. namun memiliki aspek dimensi yang sangat luas yang tidak hanya berdimensi perlindungan tubuh dari sengatan matahari atau dinginnya malam. melainkan pula telah berdirnensi sosial budaya. Dimana dari pakaian dan trslldmode terbentuk pola pikir seseorang atau sekelompok remaja untuk berbuat atau berperilaku tertentu dan salah satunya adalah berperUaku konsumtif. Penelitian ini mengambil lokasi di PIasa Surabaya dangan pertimbangan di tempat tersebut letaknya sangat strategis, yaitu di pusat kota serta mudah dijangkau dan dijadikan sebagai tempat transit oleh banyak remaja SMP dan SMU. Selain itu di PIasa Surabaya terdapat GaJ1en'a Departmellt Store yang menempati areal terluas didalam PIasa Surabaya, dengan banyak menawarkan berbagai koleksi pakaian remaja yang terbagi atas berbagai outlet dari merk~merk terkenal dengan model-model pakaian yang sedang nge-trend sehingga banyak remaja yang datang ke tempat tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi etnografi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Unit anaUsia yang diambil adalah remaja pengunjung PIasa Surabaya yang sedang memilih dan membeli pakaian di seputaran PIasa tersebut dan ditentukan secara accidelltaJ. Instrumen yang dipakai dalam pencanan data adalah pengamatan berpartisipasi dan wawancara mendalam dengan para informan dengan menggunakan pedoman wawancara. Remaja pengunjung PIasa Surabaya, dalam mengkonsumsi pakaian terbagi atas 2 tingkatan yaitu tingkatan kognitif yang berupa pengetahuan mereka mengenai mode pakaian yang sedang nge-trend dan tingkatan perilaku yang merupakan implementasi dari tingkatan kognitifnya yaitu berupa tindakan pengambilan keputusan untuk membeli dan mengenakan pakaian tersebut. Pakaian bagi remaja bukan sekedar penutup tubuh belaka. tetapi merupakan simbol status, gengsi, harga din, sarana untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menjaga eksistensi remaja di lingkungan pergaulannya. Sehingga dalam membeli pakaian nilai kebutuhan bukanlah menjadi prioritas tetapi yang lebih dipentingkan adalah perasaan mendapatkan kepuasan untuk memperoleh status dan gengsi dari pakaian yang dibelinya. Implikasi sosial yang dimunculkan dari dua tingkatan perilaku tersebut adalah munculnya strategi adaptif dalam menjaga keberadaan sosial remaja seeara individu dari kelompoknya agar tetap survive dan mempunyai nilai serta status tersendiri dari kelompoknya dengan berperilaku konsumtif. Fenomena sosial lain yang dimunculkan dari realitas sosial tersebut adalah terjadinya ketimpangan (gegar) gender dalam proses konsumsi dimana terdapat dominasi perempuan dalam seldor konsumsi maupun domestik dan dominasi pria pada sektor publik yang disebabkan oleh konstrulcsi sosial masyarakat berdasarkan stereotipe seksual laki·laki dan perempuan yang tersosialisasi sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 12-00 Yuh r
Uncontrolled Keywords: MODELLING
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
RUSLIA YUHANA, 079514744UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDLaurentius Dyson,, DR. MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 18 Jan 2017 23:48
Last Modified: 18 Jan 2017 23:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item