ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PESANAN KHUSUS PADA UD. SEJATI MULIA SURABAYA

AHADIN MINTARUM, 040418732 (2009) ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM MENENTUKAN HARGA JUAL PRODUK PESANAN KHUSUS PADA UD. SEJATI MULIA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-mintarumah-8584-abstract-8.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-mintarumah-8465-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah informasi biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan khusus. Biaya yang relevan adalah biaya masa depan yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Informasi biaya yang relevan dalam pengambilan keputusan atas pesanan khusus didasarkan pada analisis perilaku biaya. Objek dari penelitian penelitian ini adalah LTD. Sejati Mulia di Surabaya yang belum menerapkan metode analisis biaya relevan untuk pengambilan keputusan dalam menentukan menerima atau menolak pesanan khusus. Informasi yang digunakan adalah biaya-biaya yang terjadi pada tahun 2004-2006. Analisis perilaku biaya digunakan untuk mengklasifikasikan biaya-biaya menjadi biaya tetap, biaya semivariabel, dan biaya variabel. Pemisahan biaya semivariabel ke dalam unsur tetap dan unsur variabel menggunakan metode least square. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dimana menggambarkan keadaan perusahaan itu sendiri yang di komparasikan dengan lingkungan eksternal. Data yang digunakan diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis biaya relevan digunakan untuk memisahkan biaya variabel, biaya tetap dan biaya semivariabel yang relevan untuk pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus karena tidak semua biaya dapat dikategorikan sebagai biaya yang relevan. Keputusan menerima atau menolak pesanan khusus sebaiknya juga memperhatikan faktor eksternal seperti daerah pemasaran untuk pesanan khusus harus berbeda dari pesanan reguler. Selain itu dampak dari pemberian merk sendiri oleh distributor juga harus diperhatikan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa jika perusahaan menerima pesan khusus maka selain dapat memanfaatkan kapasitas yang menganggur, perusahaan juga memperoleh tambahan keuntungan sebesar Rp. 8.805.573,70 untuk special order tepung beras dan Rp. 5.030.764,93 untuk special order tepung bumbu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.112/08 Min a
Uncontrolled Keywords: COST ACCOUNTING; TARGET COSTING; SALES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
AHADIN MINTARUM, 040418732UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBAMBANG TJAHJADI, Dr., SE., MBA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 20 Jan 2009 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 21:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item