DERAJAT PENURUNAN BAHAN KERING RUMPUT GAJAH DAN RUMPUT RAJA SECARA IN SITU BERDASARKAN UMUR PEMOTONGAI

M DADANG BS (1990) DERAJAT PENURUNAN BAHAN KERING RUMPUT GAJAH DAN RUMPUT RAJA SECARA IN SITU BERDASARKAN UMUR PEMOTONGAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk fkh 632.90 dad d.pdf

Download (618kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh umur pemotongan terhadap produksi dan derajat penurunan bahan kering rumput Gajah dan rumput Raja secara 1.n. &iu.. Lahan percobaan berukuran 3x2/f. m terbagi atas dua blok masing-masing blok terdiri atas 4 petak percobaan. Pengukuran derajat penurunan bahan kering rumput men.ggunakan 3 ekor domba berfiBtula. Dua minggu sebelum dan selama percobaan berlang f:;ung dom ba!1('rco baan diberi ransum berupa rumpu t lapangan dan makanan konsentrat. Perlakuan meliputi spesies rumput, umur pemotongan dan waktu inkubasi di· dalam rumen. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok pola Faktorial 2x2x5 dengan 2 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan .• 1. Produksi bahan kering rumput sangat nyata dipengaruhi oleh spesies dan umur pemotongan, sertn didapatkan interaksi di antara ke dua perlakuan tersebut. 2. Daya cerna bahan kering rumput secara ~ ~sangat nyata dipengaruhi oleh spesie, umur pemotongan dan waktu inkubasi di dalam rumen. 3. Proses derajat penurunan bahan kering rumput Gajah di dalam rumen lebih lambat dibandingkan dengan rumput Raja, yakni dengan diketahuinya rataan waktu paruh bahan kering rumput Gajah yang lebih tinggi dibandingkan dengan rumput Raja. It. Makin tinggi umur pemotongan, proses derajat penurunan bahan kering rumput akan semakin lambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKH 632/90 Dad d
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
M DADANG BSUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSoehariojo. H, Prof.Dr. ., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 22 Jan 2017 18:45
Last Modified: 22 Jan 2017 18:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51558
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item