PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL TAYUB(Studi Tentang Motivasi Masyarakat Untuk Menonton Pertunjukan Seni Budaya Tayub di Desa Gedong Sewu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

DINA PRISTY SETYA N (2005) PERTUNJUKAN KESENIAN TRADISIONAL TAYUB(Studi Tentang Motivasi Masyarakat Untuk Menonton Pertunjukan Seni Budaya Tayub di Desa Gedong Sewu Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 77 05-Din p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kekayaan Bndaya Indonesia salah satunya berupa kesenian yang terkenal di Indonesia ini adalah seni tari. Salah satu tari tradisional yang berasal dari jawa timur yaitu tari tayub. Tayub merupakan sebuah tarian yang awalnya untuk merayakan keberhasilan masa panen di suatu desa di jawa tengah. Tari ini menceritakan tentang seseorang wanita dan pria yang digambarkan sebagai simbol kesuburan, ini biasanya dilihat dari gerakan tarian yang erotis dengan menempelkan pinggul antara pria dan wanita. Di era sekarang ini masyarakat menganggap tari tayub adalah tarian yang mempunyai simbol porno yang bertendensi prostitusi, ini dilihat dari sudut pandang masyrakat yang berbeda tentunya, ada yang menilai dan segi gerakan yang erotis dan pakaiannya yang memperlihatkan sebagian buah dadanya dan menari-nari sambii membawa minum-minuman keras, dan ada pula dari sudut kehidupan pribadi waranggananya yang bias dibawa dalam tanda kutip. Dengan sudut pandang yang berbeda-beda dan kontroversial tersebut kesenian tradisional tayub ternyata masih eksis dikalangan masyarakat khususnya tulungagung. Ini terbukti masih seringnya masyarakat tulungagung mengadakan pertunjukan tayub dan masib banyak mengundang minat penggemarnya walaupun disisi lain tayub dianggap sebagai kesenian yang masih tabu. Motivasi apakah yang mendorong masyarakat masih menggemari kesenian tayub? Tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui motivasi masyarakat terbadap seni budaya tradisional tayub di tulungagung. Dan pada akhirnya kesenian tayub selain masih eksis di Tulungagung juga menjadi kesenian khas Tulungagung. Dan hal-hal yang dianggap tabu dan image kurang baik seperti unsur minum-minuman keras, gerakan penarinya yang erotis, pakaiannya, justru itu yang menjadi motivasi terbesar masyarakat Tulungagung untuk menonton pertunjukan tayub dan motivasi lain adalah karena seni tari tayub itu sendiri yang masib asli dan tetap terjaga kesakralannya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.77/05 Din p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: kesenian, tradisional
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
DINA PRISTY SETYA NNIM070110831-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEdwin Fiatiano, S. SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 22 Jan 2017 21:43
Last Modified: 22 Jan 2017 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51577
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item