Peranan Pelaporan Biaya Kualitas Sebagai Alat Pengendalian Dan Perbaikan Kualitas Yang Mendukung Terciptanya Keunggulan Bersaing Pada PT "X" Surabaya

Dwi Anna, 049936646 (2002) Peranan Pelaporan Biaya Kualitas Sebagai Alat Pengendalian Dan Perbaikan Kualitas Yang Mendukung Terciptanya Keunggulan Bersaing Pada PT "X" Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 119-02 ANN P 049936646.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

KOlldisi yang menjadikan persaingan di lingkungan bisnis semakin tajam mendofong seliap perusahaan yang terancam oleh persaingan untuk meningkatkan keunggulan bersaing, yang salah satu upayanya adalah dengan lebih memperhatikan kualitas dari produknya, terutama kernarnpuan untuk rnengurangi biaya-biaya dan rnernperbaiki kualitas produk secara bersamaan (Hansen dan Mowen, 1997: 435). Hal tersebut dapat diwujudkan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu untuk menghasilkan produk berkualitas yang disebut biaya kualitas. Biaya tersebut dikeluarkan oleh perusahaan untuk mengawasi dan mengendalikan produk yang dihasilkan agar sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, tennasuk juga biaya yang dike!uarkan untuk memperbaiki produk yang te1ah terlanjur diproduksi dengan spesitikasi yang tidak seslk"li. Pengendalian dan perbaikan biaya kualitas dapat dilakukan dengan membuat laporan biaya kualitas secara rutin untuk setiap periode. Dari laporan biaya kualitas tersebut dapal diukur dan diperoleh infonnasi mengenai tingkat kualitas serta biaya yang telah dikeluarkan sehubullgan dellgan pencapaian tingkat kualitas produknya yang dapat digunakan oleh pihak rnanajernen untuk menganalisis biaya. PT 'X' selalu berusaha rnengutarnakall dan rncnjaga kualitas produknya seperti yang tercantum dalam kebijaksanaan perusahaall akall tetapi belum secara khusus mengidentifikasikan, membuat laporan, dan mellgendalikan biaya kualitas sehingga kurang dapat mengetahui secara pasti masalah-masalah yang sedang dihadapi menyangkut. kualitas produknya. Perusahaan ini hallya membuat laporan dan rnengendalikan biaya-biaya produksi secara keseluruhan tetapi belum rnenerapkan pelaporan biaya kualitas secara formal yang dapat digunakan sebagai alat pengendalian dan perbaikan kualitas. Pelaporan biaya kualitas akan menghasilkan illfonnasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk pengevaluasian keefektifan pelaksanaan program kualitas, pengendalian keefisienan pada setiap elemen biaya kualitas, perbaikan kualitas dan tindakan korektif yang dipcrlukan, yang merupakan sarana penting bagi perusahaan dalam upaya mendukung terciptanya kcunggulan bersaing rnelalui penekanan biaya. Dengan mencrapkan pelaporan biaya kualitas, dapat diketahui secara pasti berapa biaya yang tdah dikcluarkan pcrusahaan untuk mengusatlakan hasil produk yang sesuai dengan standar kualitas sehingga akan dengan mudah dilakukan allalisis lebih lal1iut mengenai program pengembangan kualiras yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 119-02 ANN P
Uncontrolled Keywords: Pelaporan Biaya Kualitas, Alat Pengendalian, Perbaikan Kualitas. Keunggulan Bersaing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Anna, 049936646UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Dra., MSi .AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:36
Last Modified: 16 Jun 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item