KETERLIBATAN AMERIKA SERIKAT DALAM PROSES PERDAMAIAN DI IRLANDIA UTARA PADA MASA PEMERINTAHAN BILL CLINTON 1993-1999

TlTIS ANDARWANTI, 079514706 (2000) KETERLIBATAN AMERIKA SERIKAT DALAM PROSES PERDAMAIAN DI IRLANDIA UTARA PADA MASA PEMERINTAHAN BILL CLINTON 1993-1999. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis HI.29-00.And k.pdf

Download (132kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pada masa pemerintahan Bill Clinton terjadi perubahan kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS), khususnya terhadap Irlandia Utara. Jika pada masa pemerintahan presiden-presiden sebelumnya konflik Irlandia Utara kurang mendapat perhatian dari AS maka pada masa pemerintahan Clinton AS berperan aktif dalam mengusahakan perdamaian di Irlandia Utara. Penelitian ini menjelaskan kepentingan AS di balik keterHbatannya dalam proses perdamaian di Irlandia Utara dengan menggunakan peringkat analisis negara-bangsa serta kerangka pemikiran yang terdiri dari konsep kepentingan nasional, kelompok kepentingan, teori poUtik luar negeri, dan teori kelompok. Keputusan AS untuk berperan aktifdalam proses perdamaian di Irlan<iia Utara masa pemerintahan Bill Clinton menarik untuk diteliti.· Setelah Perang tiingih berakhir kebijakan luar negen AS difokuskan pada kepentingan ekonomi dengan memperluas investasi dan meningkatkan ekspomya. Dengan demikian AS memiliki kepentingan ekonorni dengan terciptanya perdamaian di lrlandia Utara, yaitu AS dapat membangun hubungan dagang yang kuat dengan kedua wilayah, yaitu lrlandia Utara dan Irlandia. Alason lain yang mendorong adaIah adanya keterikatan sejarah antara masyarakat AS dan Irlandia, yaitu Irish-Americans sebagai bagian dari masyarakat AS keturunan Irlandia yang memiliki kepentingan dengan penyeJesaian konflik di Irlandia Utara. Lobi mereka terbadap pemerintah AS telah berhasil membawa AS untuk memainkan peran penting dalam proses perdamaian di Irlandia Utara. Dengan demikian, berdasarkan uraian-uraian yang dijelaskan dalam kelima bah peneiitian ini maka hipotesis yang diajukan teiah terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS HI 29-00 And k
Uncontrolled Keywords: UNITED STATES - FOREIGN RELATION RECONCILATION
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3201 Foreign relations administration
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
TlTIS ANDARWANTI, 079514706UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDI. Basis Susilo, Drs. . MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 23 Jan 2017 22:11
Last Modified: 23 Jan 2017 22:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51702
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item