ANALISIS KORELASI PENDAPATAN NON BUNGA BANK (FEE BASED INCOME) TERHADAP R1SIKO USAHA PERBANKAN STUDY KASUS : PT. BANK ‘X’ DI SURABAYA

Margo Herlambang, 049916561 (2003) ANALISIS KORELASI PENDAPATAN NON BUNGA BANK (FEE BASED INCOME) TERHADAP R1SIKO USAHA PERBANKAN STUDY KASUS : PT. BANK ‘X’ DI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 125 04 Her a 049916561.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi utama bank sebagai lembaga keuangan adalahfinancial intermediary, yaitu sebagai perantara kcuangan yang memberikan jasa keuangan bagi unit surplus maupun unit defisit. Sebagai perusahaan yang berusaha Menear laba maka setiap pelayanan jasa yang diberikan bank harus mendapatkan kompensasi. Di dalam proses menerima dana, biaya administrasi, dan pajak, untuk itu bank harus mendapatkan laba yang cukup untuk dapat melanjutkan operasionalnya. SeJama ini sumber utama pendapatan bank adalah spread antara bunga kredit dan bunga simpanan (deposito) yang dikenal dengan pendapatan bunga, oamun dengan adanya krisis ekonomi banyak bank yang mengalami likuidasi dikarenakan banyaknya kredit macet yang mereka kucurkan. Sehingga dengan mengandalkan peodapatan bunga saja sebagai sumber pendapatan temyata menyebabkan pendapatan perbankan menjadi berfluktuatif, oleh karena itu sudah saatnya perbankan memperhatikan kegiatan lain sebagai sumber pendapatan, yang selam ini tidak mendapatkan perhatian penuh. Kegiatan tersebut dikenal dengan kegiatan non tradisional perbankan yaitu suatu kegiatan yang menghasilkan pendapatan non bunga (Fee Based Income). Maskipun baoyak penelitian yang menyimpulkan kalau pendapatan non bunga ini dapat menyebabkan pendapatan perbankan menjadi lebih stabil. ternyata ada beberapa bank yangjustru mengalami kerugian pada saatjumlah pendapatan non bunganya tinggi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pendapatan non bunga dengan risiko usaha perbankan. dengan pendekatan penelitian study kasus dan obyek penelitiannya adalah PT. Bank "X" di Surabaya. Adapun variabel yang disertakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan asset perbankan, tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia, Produk Domestik Bruto, dan kondisi perekonomian Indonesia sebelum dan sesudah krisi ekonomi. Dari hasil penelitian diperoleh kalau korelasi antara pendapatan non bunga dengan risiko usaha perbankan adalah negatif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan pertumbuhan asset perbankan adalah positif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia adalah positif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan Produk Domestik Bruto adalah negatif, sedangkan korelasi antara pendapatan non bunga dengan kondisi perekonomian adalah positif. Kala kunci : Fee Based Income. Pendapalan Non Bunga. Pendapalan Bunga, SBI, PDB. Risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 125 04 Her a (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: Fee Based Income. Pendapalan Non Bunga. Pendapalan Bunga, SBI, PDB. Risiko.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Margo Herlambang, 049916561UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegeng Soetedjo, Dr.,S.E .. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Jan 2017 20:33
Last Modified: 24 Jan 2017 20:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51767
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item