KHASIAT EKSTRAK TANAMAN TRADISIONAL LIDAH ULAR (OLDENLANDIA CORYMBOSA LINN) TERHADAP BEBERAPA KOMPONEN SISTEM KEKEBALAN MENCIT

MAYA SAFITRI, 068410984 (1991) KHASIAT EKSTRAK TANAMAN TRADISIONAL LIDAH ULAR (OLDENLANDIA CORYMBOSA LINN) TERHADAP BEBERAPA KOMPONEN SISTEM KEKEBALAN MENCIT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 535-91 SAF K.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

pengaruh pemberian ekstrak tanaman lidah ular dalam bentuk suspensi maupun iiltrat terhadap aktlvitas tanggap kebal berperantara sel dan aktivitas pembentukan antlbodi pada mencit dengan metode uji hipersensltlvitas t1pe lambat (DTH) dan mikrotitrasi hemaglutinin anti erltroslt domba (MHA -ED). Dalam penelitian in! dlgunakan 72 ekor menclt betina Strain BALB/c dengan berat badan antara 18,6 sampa1 21,5 gram. Rancangan percobaan yang dlg~nakan untuk uj1 DTH adalah rancanganacak lengkap sedangkan ujl MBA -ED dengan rancangan pet.ak terbagL Pada 36 ekor menclt yang digunakan untuk uji DTH dibagi menjadl dua kelompok Kelompok I diberi suspens! 11dah ular secara oral dan kelompok II diberi iiltrat lidah ular secara intra peritoneal, dengan dosis 1 mg I 25 g berat badan mencit dalam volume 0,5 cc yang dilakukan dua kali sehari selama dua hari. Mencit-mencit tersebut kemudian disensitisasi dengan sel darah merah domba secara intra dermal pada telapak kaki kiri masing-masing kelompok perlakuan hari ke 5, 10 dan 15 setelah dua hari dilakukan ujl tantang pada telapaK kaki Kanan. 18 sampai 24 jam kemudian dllakukan pengukuran penebalan telapaK kaki, sedangkan 36 ekor mencit yang digunakan untuk uji MHA ED juga dlbagi menjadi dua kelompok : Kelompok I dan II kemudian dlberl sediaan uji seperti halnya pada UJl DTH. SelanJutnya dlinjeksi sel darah merah domba secara intra vena pada 24, 48 dan 72 jam setelah pemberian ekstrak tanaman lidah ular yang teraKhlr. Pada minggu I, II dan III setelah lnJeksi dilakukan pengamatan titer antibodi. Hasil penelitian menunjuKkan bahwa peningkatan aktivitas tanggap kebal berperantara sel tertlnggi dldapatkan pada hari ke 5 tetapi menunjukkan perbedaan yang tidak bermakna dengan hari ke 10 sedangkan peningkatan aktivitas pembentukan antlbodi tertlnggi pada 48 jam dan kemampuan pembentukan antibodi tetap dlpertahankan sampai mlnggu ke III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 535/91 Saf k
Uncontrolled Keywords: TRADITIONAL CROPS
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
S Agriculture > SB Plant culture > SB317.5-319.864 Horticulture. Horticultural crops
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
MAYA SAFITRI, 068410984UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Subekti B.S, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 25 Jan 2017 17:41
Last Modified: 25 Jan 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51834
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item