PENGARUH PEMBERIAN KETAMIN HIDROKLORID TERHADAP KADAR GLUKOSA PLASMA DAN PERSENTASE EOSINOFIL PADA DARAH KUCING

MOCHAMAD ROELIARSA, 068711307 (1992) PENGARUH PEMBERIAN KETAMIN HIDROKLORID TERHADAP KADAR GLUKOSA PLASMA DAN PERSENTASE EOSINOFIL PADA DARAH KUCING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 666-93 ROE P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Te1ah di1akukan euatu penel1t1an tentang pengaruh pemberian ketamin hidroklor1d terhadap kadar glukoe8 plasma dan pereentase eosinofil darah. Sebagai hewan percobaan digunakan 15 ekor kucing betina berumul' 1 -2 tahun dengan berat badan antara 2 2,5 kg. Kueing percobaan dibagi eeeara aeak menjadi 3 kelompok, masingmasing 5 ekor. Perlakuan yang diberikan terdiri dari tiga macam. Perlakuan pertama (P1) adalah pemberian anestesi ketamin hidroklorid dengan dosis 10 mg/kg berat badan. Perlakuan kedua (P2) adalah pemberian anestesi ketamin hidroklorid dengan dosis 40 mg/kg berat badan; sedangkan eebasai kontrol (PO) tidak dianestesi, tetepi diinjeksi dengan NaCI fisiologis sebanyak 1 ml tiap hewan percobaan. Semua perlakuan diberikan secara intramuskuler. Parameter Yang diamati adalah kadar glukosa plasma darah dan persentase eosinofil darah pada S. 10. 20, 30 dan 40 menit setelah pemberian perlakuan. Darah diambil dari vena sepalika menggunakan "disposable syringe", Pemel'iksaan kadar glukoea plasma dilakukan dengan metode GQD-PAP, sedangkan per-sentase eosinofil dengan metode Differensial .G.a..un.t. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Raneangan Acak Lengkap (Complete Randomized Design) dengan Pola Petak tex-bagi (Split-Plot Design), sedangkan data dianalisis dengan Analisis Variansi (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata antara ketisa perlakuan (p>0,05). Walaupun terjadi perubahan kadar glukosa plasma dan persentase eosinofil darah selama penelitian tetapi fluktuasinya l11a8ih dalam batas normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 666/93 Roe p
Uncontrolled Keywords: VETERINARY
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
MOCHAMAD ROELIARSA, 068711307UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. ZAINAL ARIFIN, Drh., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Jan 2017 18:46
Last Modified: 26 Jan 2017 18:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51932
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item