PENERIMAAN PEMIRSA TERHADAP TAYANGAN MUSIK DANGDUT DI TELEVISI Analisis Penerimaan Pemirsa Ibu Rumah Tangga Terhadap Tayangan Musik Diva Dangdut di Stasiun Televisi TRANS TV

M. MAMAN GHOZI, 079815758 (2004) PENERIMAAN PEMIRSA TERHADAP TAYANGAN MUSIK DANGDUT DI TELEVISI Analisis Penerimaan Pemirsa Ibu Rumah Tangga Terhadap Tayangan Musik Diva Dangdut di Stasiun Televisi TRANS TV. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis k 47-04 gho-p.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Musik dangdut kembali menyemarakkan bisnis hiburan tanah air. Berbeda dengan dua periode keemasan sebelumnya, yaitu ketika era 70-an dan 90-an, kini dangdut mendapat tempat di masyarakat melalui berbagai macam tayangan musik dangdut di hampir semua stasiun televisi nasional. Persilangan sukses antara musik dangdut dengan media televisi ini terjadi lantaran faktor tingginya rating. Dengan rating yang tinggi, sebuah program acara televisi memiliki peluang untuk bertahan lama penayangannya. Konstruksi realitas simbolik dalam tayangan musik dangdut di televisi pun dapat memunculkan aneka macam penerimaan khalayak. Hal ini sejalan dengan kajian-kajian mengenai khalayak aktif yang memandang khalayak selalu aktif dalam mempersepsi dan menginterpretasi realitas pesan media. Selain memang, pesan tersebut bersifat polysemic, terbuka untuk interpretasi. Khalayak, dalam hal ini lalu menegosiasikan makna-makna dari citraan-citraan tayangan televisi. Penelitian ini berusaha menggali penerimaan khalayak, yakni persepsi dan interpretasi khayalak Ibu-ibu rumah tangga terhadap tayangan musik Diva Dangdut TRANS TV. Juga pemikiran mereka tentang representasi musik dangdut di televisi. Tinjauan pustaka yang digunakan untuk menjangkau dan membantu menjelaskan serta menganalisis data mengacu pada kajian-kajian cultural studies, dengan mana khalayak dipandang selalu aktif dan memiliki kebebasan dalam proses penerimaan pesannya. Karena itu juga menggunakan studi-studi penerimaan (reception analysis). Penelitian ini termasuk dalam tipe eksploratif, yang menggali, mengidentifikasi dan memahami persepsi, interpretasi serta pemikiran khalayak penikmat dangdut (Ibu-ibu rumah tangga) terhadap tayangan musik dangdut di televisi. Sementara untuk metode pengumpulan datanya menggunakanfocus group discussion. Berdasarkan analisis terhadap data narasi-narasi kualitatif yang didapatkan lewat focus group discussion, juga wawancara dengan produser Diva Dangdut TRANS TV, didapatkan persepsi dan interpretasi yang berlainan terhadap tayangan musik Diva Dangdut. Dari analisis persepsi dan interpretasi partisipan Ibu-ibu rumah tangga terhadap tayangan musik Diva Dangdut TRANS TV dalam focus group discussion, juga memunculkan pendapat tentang tayangan musik dangdut yang secara umum ditayangkan dihampir semua stasiun televisi nasional. Tak hanya itu, dari interpretasi partisipan juga mengungkap pengidentifikasian diri partisipan terhadap tayangan musik Diva Dangdut. Terakhir, didapatkan pula konsepsi musik dangdut kontemporer menurut partisipan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 47-04 Gho p
Uncontrolled Keywords: TELEVISION - MUSIC
Subjects: M Music and Books on Music
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
M. MAMAN GHOZI, 079815758UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSuko Widodo, Drs. . MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Jan 2017 19:09
Last Modified: 29 Jan 2017 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/52021
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item